Fokus PanturaFokus IndramayuDanramil 1605/Sukagumiwang Ikuti Napak Tilas Bumi Labuh Desa Jambe

Danramil 1605/Sukagumiwang Ikuti Napak Tilas Bumi Labuh Desa Jambe

INDRAMAYU, (Fokuspantura.com),- Sejumlah Tokoh Agama (toga), Tokoh Masyarakat (tomas), Tokoh Adat (todat) Desa Jambe Kecamatan Kertasemaya Kabupaten Indramayu, kembali melakukan ritual tahunan Napak Tilas Bumi Labuh (NTBL), Rabu, 15 Nopember 2023, mulai pukul 06.00 hingga selesai.

Acara adat yang dipimpin Kuwu (Kepala Desa-red) Desa Jambe, Rudi Hartono, diikuti pula Danramil 1605/Sukagumiwang, Kapt. Inf, Sariman didampingi Babinsa Desa Jambe Sertu Suwarta, secara bersama-sama mengelilingi desa sembari memukul-mukul sejenis alat musik kenong yang dibawa oleh salah satu peserta ritual, berlangsung dalam suasana khidmat.

Kuwu Desa Jambe, Rudi Hartono, mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk melestarikan adat turun temurun dari nenek moyang agar tidak punah dan kegiatan ini juga menurut kepercayaan adat dimaksudkan agar tanah pertanian menjadi subur makmur dan masyarakat Desa Jambe tidak kekurangan sandang pangan.

“Acara ini merupakan adat turun temurun dari nenek moyang yang tujuannya agar tanah pertanian desa kami subur makmur,” ujarnya.

Rudi juga mengatakan, pihaknya akan terus berupaya agar ritual peninggalan nenek moyang tersebut dapat dipertahankan dan terus dilaksanakan setiap tahun, karena itu diharapankan para generasi mudah dapat melestarikan adat istiadat, sehingga kearifan lokal Desa Jambe tidak punah ditelan waktu.

“Ini warisan nenek moyang yang harus dipertahankan, sehingga berharap generasi muda dapat turut melestarikannya,” terangnya.

Sementara, Danramil 1605/Sukagumiwang, Kapt.Inf, Sariman, menegaskan, acara adat Napak Tilas Bumi Lebuh merupakan salah satu kearifan lokal yang ada di Kabupaten Indramayu, untuk itu pihaknya turut serta dalam kegiatan tersebut, selain memberikan dukungan terhadap masyarakat setempat juga sebagai pendekatan persuasif guna mendorong kamtibmas teritorial Kodim 0616/Indramayu.

“Alhamdulillah acara berlangsung kondusif,” tandasnya. (Jaya Mulya/FP).

ads

Baca Juga
Related

Lahan PG Rajawali II Indramayu Terus Dikuasai Massa

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Situasi lahan tebu milik PG Rajawali II wilayah...

PPKM Darurat Indramayu Level Berapa ?

Oleh : Ihsan Mahfudz / Pimred Fokuspantura.com PANDEMI Covid-19 masih...

69 Calon Pegawai Perumdam Ikuti Seleksi Wawancara

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Sebanyak 69 calon karyawan kontrak  Perumdam Tirta Darma Ayu...

Sidkon Djampi Apresiasi Penetapan Raperda Pesantren Kota Cirebon

KOTA CIREBON,(Fokuspantura.com),- Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Fraksi Partai...
- Advertisement -

FokusUpdate

Popular

Mau copas berita, silahkan izin dulu
Mau copas berita, silahkan izin dulu