Fokus NewsRegionalJelang Ramadan, Pesanan Kerupuk Kulit Melonjak Tajam

Jelang Ramadan, Pesanan Kerupuk Kulit Melonjak Tajam

CIREBON,(Fokuspantura.com),-  Persiapan memasuki bulan suci Ramadhan, sejumlah pengusaha kerupuk kulit di Desa Trusmi Kulon Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon mulai menambah jumlah pasokan barang untuk menghadapi permintaan barang yang melonjak tajam, menyusul adanya permintaan yang serius di bulan Ramadan.
 
Agus (32), salah satu pengusaha kerupuk kulit mengaku, sudah seminggu sebelum Ramadan ini, pihaknya sudah memesan bahan kulit sapi dan kerbau lima kali lipat dari biasanya. hal itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan permintaan pasar.
 

“Biasanya saya hanya memesan 10 hingga 12 lembar kulit sapi dan kerbau, sekarang saya memesan lebih karena biasanya permintaan akan bertambah. kalaupun prediksi saya meleset, bahan kerupuk ini tidak akan basi dalam waktu dekat. asalkan sudah melalui proses pengeringan.” Kata Agus. Rabu,(24/5/2017).

 

Ia menilai, pada musim ini proses pengolahan akan relatif cepat, karena cuaca panas sangat mendukung. bila biasanya butuh waktu satu minggu untuk bisa mendapatkan bahan kerupuk kulit yang kering,  saat ini hanya butuh waktu empat sampai lima hari saja. keadaan ini sangat menguntungkan pihak pengusaha kerupuk kulit.

 

Pedagang yang berada di sepanjang Jalan Pantura khususnya di wilayah Weru sampai Kedawung memang sudah memesan jauh-jauh hari untuk mempersiapkan oleh-oleh bagi para pemudik tahun ini. Suharja (55), mengaku memang di setiap musim mudik tidak kurang dari 10 kg/hari yang mampu dia jual. sehingga butuh stok yang banyak.

 

“Harga satu kilo kerupuk kulit yang matang dihargai 160 Ribu Rupiah. kalo yang mentah harganya 180 ribu/kg. tahun kemarin saja saya mendapat hasil bisa sepuluh kali lipat. dan dari tahun ke tahun selalu meningkat. terutama 6 tahun terakhir. saya sudah pesan yang matang dan yang mentah ke pengusaha. karena bila tidak pesan jauh-jauh hari, maka tidak akan kebagian barang.” Katanya.

 

Diperkirakan permintaan kerupuk kulit akan terus mengalami kenaikan terutama menjelang lebaran hingga pasca lebaran. karena akan ada yang hendak mudik ataupun kembali ke tempat kerja untuk oleh-oleh rekan satu kantor atau diberikan kepada atasan mereka. terutama mereka yang bekerja di wilayah Kota Jakarta, Cikarang, Bekasi, Bandung dan sekitarnya. (Komar Ibrahim)

ads

Baca Juga
Related

Tujuh Catatan Kritis Fraksi Merah Putih Terhadap LKPJ Bupati Indramayu Tahun 2022

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Fraksi Merah Putih DPRD Kabupaten Indramayu memberikan tujuh...

Tiga Puluh Penerima Bansos Tunai Diduga Dipotong Rp500 Ribu

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Puluhan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dana Bantuan Sosial...

Aleg Kasan Basari Apresiasi Pembentukan YLBH Petani dan Trafficking

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Anggota DPRD Propinsi Jawa Barat, Kasan Basari, memberikan...

Capaian Vaksinasi Covid-19 di Purwakarta Baru 36,77 Persen

PURWAKARTA, (Fokuspantura.com),- Capaian Vaksinasi Covid-19 hingga awal September 2021...
- Advertisement -

FokusUpdate

Popular

Mau copas berita, silahkan izin dulu
Mau copas berita, silahkan izin dulu