Fokus NewsRegionalAwas Kena Tilang, Dukung Operasi Keselamatan Lodaya 2018

Awas Kena Tilang, Dukung Operasi Keselamatan Lodaya 2018

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Indramayu Unit Dikyasa mengawali giat pelaksanaan Operasi Keselamatan Lodaya 2018, dilakukan bersama Komunitas Ojek Online Grab Indramayu, di Jalan Jenderal Sudirman, Senin (05/3/2018).

Kapolres Indramayu, AKBP Arif Fajarudin, melalui Kasat Lantas, AKP Asep Nugraha, mengatakan, pelaksanaan penertiban ini dengan cara simpatik dan edukatif, seperti pemberian helm pada pengguna jalan yang tidak menggunakan helm.

“Kita ajak diskusi para pelanggar itu supaya lebih memahami lagi, bahwa penggunaan helm itu bukan untuk polisi saja, tapi untuk semua pengguna kendaraan tersebut,” katanya kepada Fokuspantura.com melalui sambungan telpon.

Giat yang dilakukan kali ini, kata Asep lebih pada upaya menghilangkan kesan masyarakat tentang operasi yang identik dengan razia, akan tetapi opasi keselamatan ini lebih kepada penegakan pelanggaran dijalan, tapi dengan cara yang lebih humanis dengan mengedepankan pre-emtif disini adalah upaya-upaya awal yang dilakukan oleh pihak kepolisian untuk mencegah terjadinya tindakan, preventif sebagai tindak lanjut dari upaya pre-emtif yang masih dalam tataran pencegahan dan represifnya .

Ditambahkannya, untuk target pencapaian operasi tersebut adalah mengurangi angka kecelakaan agar lebih rendah dari tahun lalu.

“Target saya mengurangi angka pelanggaran, mengurangi angka kejadian kecelakaan lalu lintas dibandingkan dengan tahun 2017,” ujarnya.

Operasi ini dilaksanakan sebelum pelaksanaan operasi zebra, dimana pada operasi zebra adalah operasi patuh yang 80% penindakan, sehingga operasi sekarang itu merupakan sosialisasi operasi keselamatan, sehingga nanti pada operasi zebra tidak banyak orang yang melanggar karena sudah disosialisasikan.

Menanggapi hal itu, pengguna jalan, H Sutana, mengaku, sebagai masyarakat, sangat mendukung adanya Operasi Keselamatan Lodaya 2018 di wilayah hukum Polres Indramayu, hal itu dimaksudkan agar masyarakat mematuhi tata tertib dan aturan seperti menggunakan helm saat berkendara dan jangan melawan arus.

“Kita harus sadar sendiri, bahwa melengkapi surat kendaraan dan mematuhi aturan lalu lintas adalah untuk kepentingan dan keselamatan kita sendiri, kalau bukan kita lalu siapa lagi,” ungkapnya.

Seperti diketahui, pelaksanaan Operasi Keselamatan Lodaya 2018 yang pertama digelar di jalan Jendral Sudirman dilaksanakan Unit Dikyasa beserta anggota Dikyasa Polres Indramayu hingga tanggal (25/3/2018) mendatang, dengan tujuan untuk menurunkan angka kecelakaan dan pelanggaran di wilayah hukum Lantas Polres Indramayu.

ads

Baca Juga
Related

Jalan Kabupaten di Wilayah Karangampel Rusak Parah

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Akses jalan Kabupaten yang berada di wilayah Kecamatan...

RNI Dorong Warga di Kaki Gunung Kerinci Menanam Teh

PADANG,(Fokuspantura.com),- PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) melalui Anak Perusahaannya...

Jajaran Polwan Res Indramayu Hendel Tugas Honorer

JATIBARANG,( Fokuspantura.com),- Aksi mogok nasional yang dilakukan oleh Forum...

Rakor AKSI Indramayu, Maknai Regulasi dan Dampak Covid-19

JATIBARANG,(Fokuspantura.com),- Sebanyak 35 Pemerintah Desa (Pemdes) yang tergabung dalam...
- Advertisement -

FokusUpdate

Popular

Mau copas berita, silahkan izin dulu
Mau copas berita, silahkan izin dulu