PolitikFokus ParlemenKomitmen Sidkon Mengawal KH Abbas Abdul Jamil Sandang Pahlawan Nasional

Komitmen Sidkon Mengawal KH Abbas Abdul Jamil Sandang Pahlawan Nasional

BANDUNG,(Fokuspantura.com),- Anggota Fraksi PKB Propinsi Jawa Barat, M Sidkon Djampi, mengawal  tokoh ulama sekaligus Pengasuh Pondok Pesantren Buntet, Cirebon, Jawa Barat, KH Abbas Abdul Jamil, layak disematkan sebagai pahlawan nasional dan wajib diberikan oleh pemerintah, apalagi proses usulan itu sudah dilakukan sejak tahun 2022 dan sudah melalui proses kajian seminar pada tahun 2023.

Hal itu disampaikan Alumni Santri Ponpes Buntet, Cirebon saat Rapat Paripurna DPRD Propinsi Jawa Barat, Jumat, 19 April 2024.

“Ijin menyampaikan terimakasih kepada Gubernur Jawa Barat atas rekomendasi surat nomor 09/HM.06/KESRA, tentang usulan rekomendasi pahlawan nasional untuk KH Abbas Abdul Jamil, ini sudah memasuki rekomendasi dan sudah di Kementerian Sosial RI,” kata Sidkon dihadapan wakil rakyat Jawa Barat.

Menurutnya, disamping ucapan terimakasih, ia juga memohon kepada pimpinan DPRD Propinsi Jawa Barat untuk melakukan pengawalan, agar gelar Pahlawan Nasional untuk KH Abbas Abdul Jamil tuntas dan diumumkan pada bulan November sebagai pahlawan nasional.

“Karena jasa – jasa beliau untuk negara dan bangsa ini,terutama sekali pada agresi Belanda 10 November 1945 di Surabaya, beliau adalah komandan Hizbullah yang mengerahkan pasukan dari Cirebon Raya,” tutur politisi PKB asal Dapil Jabar 12 ini.

Seperti diketahui, KH Abbas Abdul Jamil, merupakan komandan pertempuran melawan penjajah pada 10 November 1945. Ia dijuluki Sang Macan dari Barat, karena keberaniannya memimpin pertempuran melawan penjajahan Belanda di Surabaya. Bahkan kehadiran KH Abbas Abdul Jamil saat agresi peperangan sangat ditunggu oleh KH Hasyim Asy’ari untuk memimpin perlawanan. Maka tidak aneh , jika tanggal 10 November 1945 ditetapkan sebagai Hari Pahlawan.(Red/Adv/FP).

ads

Baca Juga
Related

BKD Indramayu Cairkan Dandes Tahap Tiga Sebesar Rp17,5 Miliar

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Indramayu sudah menerbitkan...

Ribuan Jamaah Jatman Istighosah untuk Dunia

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Jam'iyyah Ahlith Thoriqoh Al Mutabaroh An Nahdliyyah (JATMAN)...

Sembilan Wakil Rakyat Propinsi Jabar Kunjungi Pemkot Cirebon

KOTA CIREBON,(Fokuspantura.com),- Sejak wilayah Cirebon ditetapkan sebagai zona merah,...

Mahasiswa Universitas Buana Perjuangan Karawang Sulap Sarang Sampah

KARAWANG,(Fokuspantura.com),- Guna mewujudkan SDGs Desa point ketiga yaitu desa...
- Advertisement -

FokusUpdate

Popular

Mau copas berita, silahkan izin dulu
Mau copas berita, silahkan izin dulu