SwasembadaAsosiasi BUMDes Kabupaten Indramayu Dibentuk

Asosiasi BUMDes Kabupaten Indramayu Dibentuk

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Direktur BUMDes Maju Desa Ujunggebang, Kecamatan Sukra, Taripan, terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Asosiasi BUMDes Kabupaten Indramayu (ABKI). Pembentukan kepengurusan yang di gelar di RM. Cimanuk, Kecamatan Widasari, Kabupaten Indramayu pada pekan lalu itu bertujuan untuk mendorong peningkatan derajat ekonomi masyarakat di tataran pedesaan serta mendorong optimalisasi manajemen Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Tujuan dibentuknya asosiasi ini adalah untuk penguatan BUMDes ditingkat Kabupaten sekaligus peningkatan sinergitas guna menuju pangsa pasar yang lebih terbuka,” ungkap Taripan, usai kegiatan.

Oleh karena itu, lanjut Taripan, lembaga ini akan terus mendorong BUMDes yang ada diwilayah Kabupaten Indramayu secara optimal, mengingat keberadaannya sangat penting untuk turut serta meningkatkan sumbe pendapatan desa yang erat kaitannya dengan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Ia mengungkapkan, fakta yang ada tidak jarang BUMDes di wilayah Kabupaten Indramayu masih belum jalan, seharusnya dengan diluncurkannya Perda Nomor 4 Tahun 2016 tentang pendirian BUMDes, semua desa sudah mendirikan Bumdes, sebagai bentuk perwujudan salah satu komponen pengalokasian Dana Desa (DD).

“Kami berharap pihak aparatur desa yang diduga masih setengah hati agar bisa memberikan dukungan dan kerjasamanya terhadap BUMDes dengan pengalokasian DD minimal 20 persen, karena ada beberapa desa yang kami sinyalir belum mengalokasikan untuk kepentingan tersebut,” ungkapnya.

Taripan menegaskan, langkah pembentukan asosiasi ini sebagai upaya percepatan pengembangan BUMDes, sehingga dapat memberikan keleluasaan untuk menjalankan program – program unggulan termasuk dalam hal pemasaran.

“Kami pastikan dengan terbentuknya asiosiasi bumdes ditingkat Kabupaten akan memberi keleluasaan kepada BUMDes dan membuka terobosan pemasaran produk yang lebih luas,” tandasnya. 

 

 

ads

Baca Juga
Related

Rezim Terlalu Berlebihan Tanggapi Kritikan Mural

JAKARTA,(Fokuspantura.com),- Belakang trend ekspresi Mural bertemakan kritikan kepada penguasa...

Bupati Indramayu Tinjau Bendungan Rentang Majalengka

INDRAMAYU, (Fokuspantura.com),- Bupati Indramayu, Nina Agustina, tiba-tiba datang memantau...

Wabup Sisir Sungai Cimanuk Antisipasi Tanggul Jebol

Bising mesin otok (diesel) menderu memecah keheningan pagi hari...
- Advertisement -

FokusUpdate

Popular

Mau copas berita, silahkan izin dulu
Mau copas berita, silahkan izin dulu