Fokus PanturaFokus IndramayuPertahankan Keberlangsungan Adat Budaya, Pemdes Anjatan Utara Gelar Adat Sedekah Bumi

Pertahankan Keberlangsungan Adat Budaya, Pemdes Anjatan Utara Gelar Adat Sedekah Bumi

INDRAMAYU, (Fokuspantura.com),- Pemerintah Desa (Pemdes) Anjatan Utara Kabupaten Indramayu Jawa Barat, menggelar adat Sedekah Bumi sebagai bentuk syukur kepada Tuhan YME, yang dilaksanakan di blok Buyut Mila, dengan suguhan Wayang Kulit Karya Budaya, Senin, 13 Nopember 2023.

Pantauan awak media Fokuspantura.com dilokasi Sedekah Bumi berjejer ratusan tumpeng berisi nasi beserta lauk pauk dan ada juga kue dikemas penuh hiasan  berasal dari warga masyarakat Desa Anjatan Utara, lalu pekikan doa seketika menggema di langit blok Buyut Mila, setelah tokoh agama setempat melantunkan doa kepada Tuhan YME, hal itu guna meminta keberkahan agar masyarakat lebih makmur dan sejahtera lagi.

Selepas itu, usai bermunajat tumpeng pun  dibelah menjadi dua bagian untuk di kumpulkan oleh panitia, dan sebagaian lagi kemudian di serahkan kembali kepada masyarakat untuk dinikmati bersama sanak saudara di rumah masing-masing.

Camat Anjatan, Uus Wuspito, mengatakan, pihaknya memberi apresiasi dan support penuh atas acara tersebut, selain itu ada chemistry atau ikatan antar warga sebagai wujud kecintaan masyatakat guna melestarikan keberlangsungan adat budaya warisan leluhur yang ada di Kabupaten Indramayu, terlebih lagi  bisa dijadikan momentum untuk menguatkan tali silaturahmi sebagai  wujud solideritas antar warga.

“Hal yang positif  dari kegiatan  itu kita pertahankan kearifan lokal, yang pastinya ada esensi yang lebih dalam  disini  yaitu kekeluargaan dengn tetap mengedepankan gotong royong dan kekompakan,” ujar mantan Camat Gantar.

Kuwu Desa Anjatan Utara, Hj. Juhaeni usai acara mengatakan, acara ini biasanya di gelar habis panen yaitu Mapag Sri dan yang saat dilaksanakan adalah Sedekah Bumi, ini sebagai bentuk rasa syukur masyarakat kepada Tuhan atas limpahan rezekinya.

“Biasanya habis panen tiba diadakan di Blok Buyut Mila, sebagai bentuk rasa syukur biar masyatakat aman ,subur, dan hasil panen melimpah lagi,” ujarnya.

Salah satu warga Desa Anjatan Utara, Wartim (54) mengutarakan, merasa senang bisa andil pada acara adat sedekah bumi tersebut, semoga menjadi betkah bagi masyarakat dan diharapkan kedepan bisa lebih meriah lagi.

” Ya Alhamdulillah, warga Buyut Mila sangat mendukung yang tujuannya untuk melestarikan budaya lokal,” ucapnya. (Khaerudin/FP).

ads

Baca Juga
Related

479 Calwu Gelar Deklarasi Ikrar Damai

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Dinas Pemberdayaan dan Masarakat Desa (DPMD) Kabupaten Indramayu...

Tarung Drajat Tegal Raih Emas

TEGAL,(Fokuspantura.com),– Satu dari tiga atlit tarung drajat yang dikirim...

Putri Gadis Cilik yang Sarat Prestasi

GADIS belia dengan panggilan Putri ini dari usia enam...

Hari Jadi ke-492 Indramayu, “Bersama Membangun Indramayu”

Bupati Indramayu, H.Supendi - Wakil Bupati Indramayu, H.Taufik Hidayat, MOMENTUM...
- Advertisement -

FokusUpdate

Popular

Mau copas berita, silahkan izin dulu
Mau copas berita, silahkan izin dulu