Fokus NewsNasionalPentolan GMBI Ditahan, Polisi Sisir Anggota di Daerah

Pentolan GMBI Ditahan, Polisi Sisir Anggota di Daerah

BANDUNG,(Fokuspantura.com),- Tim Penyidik Polda Jabar bergerak cepat mengamankan Ketua Umum Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI), MF. Hal itu dilakukan imbas dari demo ricuh di depan Mapolda Jabar, Kamis 27 Januari 2022 kemarin.

MF resmi ditangkap oleh Polda Jabar di kediamannya pada Jumat 28 Januari 2022. Dia langsung dibawa ke Polda Jabar untuk menjalani pemeriksaan.

“Tadi pagi sudah menangkap Ketua Umum GMBI atas nama saudara F,” ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung – Jawa Barat.

Ibrahim menjelaskan, F saat ini tengah menjalani pemeriksaan oleh penyidik. Selain F, polisi juga meringkus beberapa orang lain yang diketahui merupakan pentolan GMBI saat aksi demo kemarin.

“Beberapa orang yang kemarin sempat melakukan aksi dan memimpin aksi. Ini juga sedang dilakukan pemeriksaan,” katanya.

Pencarian terhadap dalang aksi akan tetap dilakukan. Menurut Ibrahim, masih ada beberapa orang yang belum ditemukan.

“Namun masih ada beberapa orang yang masih kita kejar, penangkapan,” tuturnya.

Seperti diketahui, aksi demo massa GMBI berujung anarkis pada Kamis (27/1). Massa merusak pagar Mapolda Jabar hingga ada yang menunggangi patung Maung Lodaya yang merupakan simbol Polda Jabar.

Sebanyak 725 orang diamankan usai demo tersebut. Bahkan pelaku penunggang patung Maung Lodaya berhasil diamankan.

Demo dilakukan massa GMBI berkaitan dengan proses penanganan perkara bentrok ormas di Kabupaten Karawang – Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Perintah untuk menyisir seluruh anggota GMBI di daerah dilakukan langsung Kapolda Jabar kepada jajaran Kapolres dan Kapolresta seluruh Jawa Barat. Alhasil dari hasil tindakan tegas jajaran kepolisian di daerah ditemukan banyak anggota GMBI diamankan. Bahkan dari penyisiran yang dilakukan jajaran kepolisian banyak ditemukan anggota GMBI yang positif pengguna Narkoba. 51 anggota GMBI Cirebon yang diamankan, 1 dinyatakan positif Narkoba, 20 anggota GMBI Indramayu yang diamankan, 5 diantaranya positif Narkoba. 15 anggota GMBI di Bogor ikut diamankan beserta barang bukti kekerasan, 144 anggota GMBI Sumedang susah diamankan dari hasil sweeping jajaran Mapolres Sumedang.

Berdasarkan pengembangan penyidikan, Polisi telah menetapkan 11 tersangka, termasuk Ketua Umum LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) MF, sebagai tersangka terkait aksi demo berujung ricuh di depan Mapolda Jawa Barat kemarin.

Sementara itu, Ketua Umum DPP LSM GMBI, meminta maaf atas kericuhan yang melibatkan 725 anggotanya di depan markas Polda Jawa Barat, Kota Bandung, Kamis kemarin.

“Saya secara pribadi dan sebagai ketua umum memohon maaf kepada Kapolda Jabar beserta jajarannya atas kerusakan yang terjadi. Saya siap bertanggung jawab dan akan menindak tegas anggota GMBI yang terlibat,” kata MF kepada wartawan, Kamis,27 Januari 2022.

ads

Baca Juga
Related

Kecewa Pelayanan RSUD Indramayu, Keluarga Pasien Paksa Pindah Rawat Inap

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Pemandangan tak sedap terjadi di ruangan VIP A...

Petani Indramayu Sumbang Hilangkan Paceklik

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Pola tanam dan panen padi secara terus menerus...

KPK Perpanjang Penahanan Bupati Indramayu Nonaktif

JAKARTA,(Fokuspantura.com) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melakukan perpanjangan  penahanan...

5.390 Kendaraan di Indramayu Terkena Tilang

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Satlantas Polres Indramayu selama pelaksanaan Operasi Zebra Lodaya...
- Advertisement -

FokusUpdate

Popular

Mau copas berita, silahkan izin dulu
Mau copas berita, silahkan izin dulu