PolitikPanwaslu Indramayu Gelar Rakor Gakkumdu

Panwaslu Indramayu Gelar Rakor Gakkumdu

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Indramayu menggelar rapat koordinasi Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu)  pada pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Jawa Barat Tahun 2018, Kamis(5/4/2018)dini hari di Hotel Wiwi Perkasa Indramayu.
 
Ketua Panwaslu Kabupaten Indramayu, Nurhadi dalam rilis yang diterima Fokuspantura.com mengatakan Rakor Gakumdu akan diikuti oleh  Koordiv Pencegahan dan Hubal dan Koordiv Penanganan Pelanggaran Panwascam se Kabupaten Indramayu, Kanit Reskrim Polsek, dengan narasumber dari Bawaslu Provinsi Jawa Barat,  Kepolisian Resort, Kejaksaan dan Pimpinan Panwaslu Kabupaten Indramayu.
 
Menurutnya, digelarnya Rakor Gakumdu bertujuan  untuk mewujudkan sinergisme antara Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Indramayu, Kepolisian , dan Kejaksaan beserta jajarannya masing-masing dalam Penanganan Tindak Pidana Pemilu pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat tahun 2018, Meningkatkan kualitas Penindakan Pelanggaran Pidana Pemilu dan Terwujudnya penanganan Tindak Pidana Pemilu secara efektif dan efisien, konsisten, standard dan sistematis.
 
Ia Menambahkan, dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2018 terdapat penguatan kelembagaan di dalam sentra penegakkan hukum terpadu sesuai dengan  pasal 152 ayat (4) Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016. Teknis penanganan pelanggaran pidana Pemilu oleh sentra gakkumdu diatur dalam peraturan bersama antara Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, Jaksa Agung Republik Indonesia, dan Ketua Bawaslu. 
 
“Berdasarkan hal tersebut fungsi Sentra Gakkumdu adalah sebagai forum koordinasi dalam proses penanganan tindak pidana pemilu, pelaksanaan pola penanganan tindak pidana pemilu itu sendiri, pusat data, peningkatan kompetensi, dan monitoring-evaluasi” tambahnya.
 
ads

Baca Juga
Related

Sumringah, 56 Pekerja Terlantar di Morowali Dipulangkan Besok

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Pemerintah Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, sudah membiayai pemulangan...

BKD Indramayu Tuntas Salurkan DD Rp267,7 Miliar

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Badan Keuangan Daerah(BKD) Kabupaten Indramayu secara tuntas telah...

KPAI Minta Pembagian Tenda Sekolah Darurat Tak Diskriminatif

JAKARTA, (Fokuspantura.com),-  Saat mengikuti rapat koordinasi Pos Pendidikan di LPMP...

Rakerda Partai Golkar Indramayu Targetkan Pileg 24 Kursi

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Ketua DPD Partai Golkar Propinsi Jawa Barat, TB Ace...
- Advertisement -

FokusUpdate

Popular

Mau copas berita, silahkan izin dulu
Mau copas berita, silahkan izin dulu