PolitikFokus ParlemenReses DPRD Indramayu, Kiki Arindi Terima Keluhan Soal Pupuk Subsidi

Reses DPRD Indramayu, Kiki Arindi Terima Keluhan Soal Pupuk Subsidi

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),-  Anggota DPRD Fraksi PKB Kabupaten Indramayu, Kiki Arindi menilai permasalahan paling krusial yang di hadapi masyarakat Indramayu saat ini adalah soal pertanian yakni pupuk subsidi.
 
Persoalan tersebut diterimanya saat melakukan reses masa persidangan pertama tahun 2023 di Yayasan Arruba’iyah Al Islamiyah Desa Tenajar Kecamatan Kertasemaya Kabupaten Indramayu. Kamis, 16 Februari 2023.
 
“Masyarakat mengeluh tentang masalah pupuk subsidi. Dimana, masyarakat petani ini belum menerima (pupuk subsidi-red),” ucap Kiki. 
 
Menurut Kiki, kesulitan masyarakat petani untuk bisa mendapatkan pupuk subsidi itu bukan karena terjadi kelangkaan melainkan karena kekurang pahaman mereka dalam hal mendapatkan pupuk bersubsidi.
 
“Kebanyakan masyarakat belum paham, kenapa pupuk subsidi itu mereka tidak dapat,” katanya.
 
Hal itu tentunya butuh dilakukan penjelasan lebih lanjut dari pihak pemerintah melalui dinas terkait untuk lebih intens menyampaikan informasi-informasi kepada masyarakat petani agar bisa mendapatkan pupuk bersubsidi.
 
“Namanya masyarakat petani, jadi pemerintah melalui dinas terkait itu harus lebih memahami tentang petani. Bila perlu dengan cara jemput bola dalam menyampaikan informasi atau menerima pertanyaan ketidaktahuan petani untuk memperoleh pupuk bersubsidi,” ungkapnya.
 
Kiki menjelaskan, masyarakat petani yang memperoleh pupuk subsidi, masih kebingungan di kios pupuk subsidi mana petani tersebut menebus pupuk karena minimnya informasi yang di terima oleh petani.
 
“Saya dapat di kios mana sih. Kadang-kadang masyarakat tidak paham. Itu yang menjadi permasalahannya. Jadi penanganan utama itu, saya akan sampaikan kepada dinas yang bersangkutan terkait persoalan pupuk ini. PPL lebih sering sosialisasi kepada masyarakat,” jelasnya.
 
Tidak hanya itu saja, anggota DPRD Kabupaten Indramayu Daerah pemilihan (Dapil) 3 ini pernah menyampaikan kepada dinas terkait tentang pembuatan kartu tani yang masih susah.
 
“Misalkan nama Samsudin. Dialokasi itu ada, tapi dia tidak memiliki kartu tani. Namun untuk membuat kartu tani itu harus ke bank. Sedangkan di bank dalam sehari hanya menerima 50 orang,” jelasnya. 
 
Dengan persoalan itu, Kiki mendorong dinas terkait untuk bisa menyampaikan kepada pihak bank yang menangani pupuk subsidi agar bisa menyediaka  loket khusus untuk menangani kartu tani.
 
“Kita sebenarnya sudah usulkan seperti itu. Baik dalam menangani pembuatan kartu tani, kartu tani yang hilang ataupun yang memiliki kartu tani namun saat kartu di gesek kosong,” ungkapnya.
 
Sementara itu, Pembina Yayasan Arruba’iyah Al Islamiyah H. Baeduri menyampaikan ucapan terimakasih kepada anggota DPRD Kabupaten Indramayu dari Fraksi PKB yang sudah menampung aspirasi masyarakat Desa Tenajar terutama yang krusial dan sangat dirasakan oleh masyarakat yakni persoalan pupuk subsidi yang merupakan hal paling diharapkan masyarakat petani.
 
“Masalah pupuk, jatahnya 1 kwintal tapi dia tidak mendapatkan sesuai jatah tersebut. Kalau pun dapat, harganya mahal dan susah. Sehingga ini merupakan keluhan dari masyarakat,” katanya. 
 
Oleh karena itu, H. Baeduri berharap, anggota DPRD Kabupaten Indramayu, Kiki Arindi bisa memperjuangkan aspirasi rakyat untuk bisa mendorong pemerintah agar masyarakat petani tidak kesulitan mendapat pupuk subsidi dan bagaimana harga pupuk subsidi yang sesuai dengan aturan yang berlaku, murah dan kebutuhan petani bisa terpenuhi.
 
“Karena ada petani yang punya kartu mengeluh karena tidak bisa akses pupuk. Sehingga mengambil pupuk yang harganya sangat mahal (non subsidi).” katanya.
ads

Baca Juga
Related

Ratusan Warga Kedokan Agung Tuntut SPBU Ditutup

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com), - Ratusan warga Desa Kedokan Agung Kecamatan Kedokan...

Kasus Kebakaran di Subang Meningkat DPKPB Cuma Punya 6 Damkar

SUBANG(Fokuspantura.com),- Memasuki musim kemarau kasus kebakaran kerap terjadi dikabupaten...

Sah, APBD P Indramayu 2018 Sebesar Rp3,3 Triliun

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Pemerintah Daerah bersama DPRD Kabupaten Indramayu telah  menetapkan...

Jelang Pelantikan, Pengurus KONI Indramayu Rapat Perdana

INDRAMAYU, (Fokuspantura.com),- Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten...
- Advertisement -

FokusUpdate

Popular

Mau copas berita, silahkan izin dulu
Mau copas berita, silahkan izin dulu