EdukasiPKBM Bersama Gelar Ujian Paket Kesetaraan Bagi 68 WB

PKBM Bersama Gelar Ujian Paket Kesetaraan Bagi 68 WB

INDRAMAYU, (Fokuspantura.com),- Lembaga Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bersama, menyelenggarakan ujian kesetaraan paket A (setara SD), paket B (setara SMP) dan paket C (setara SMA) tahun ajaran 2022-2023. Sabtu, 18 Maret 2023.

Sebanyak 68 warga belajar, ikut dalam Ujian Pendidikan Kesetaraan yang diselenggarakan oleh PKBM Bersama yang berdomisili di Jln. Pancoran Mas RT.09 RW.03 Desa Longok Kecamatan Sliyeg, Kabupaten Indramayu.

Kepala PKBM Bersama, Arief Rahman Hakim mengatakan, Ujian Pendidikan Kesetaraan (UPK) ini dilakukan untuk menjadi salah satu tolak ukur kelulusan peserta didik paket kesetaraan.

“UPK sendiri diselenggarakan dengan tujuan untuk mengukur sejauh mana capaian kompetensi peserta didik kami dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan untuk memperoleh pengakuan atas prestasi belajar,” katanya.

Arief menjelaskan, rangkaian UPK tahun ini telah dimulai pada hari Kamis, 16 Maret 2023 lalu. Yaitu, UPK paket A, B dan C.

“Adapun jumlah peserta UPK tahun pelajaran 2022/2023 terdiri dari 8 peserta program paket A, 18 program paket B dan 42 peserta program paket C,” jelasnya.

Arief menambahkan, PKBM merupakan lembaga Pendidikan Kesetaraan non formal yang bisa menjadikan solusi bagi masyarakat yang putus sekolah atau belum memiliki ijazah SD/SMP/SMA tanpa batasan usia, jarak dan waktu.

“Pendidikan kesetaraan ini sama halnya dengan pendidikan formal. Yang membedakannya itu jadwal pembelajaran di sesuaikan serta peserta tidak diwajibkan  memakai seragam sekolah,” katanya.

Arief berharap, keberadaan PKBM dapat membantu pemrintah dalam meningkatkan Indek Pembangunan Manusia (IPM) dan Rata-rata Lama Sekolah (RLS).

“Mudah-mudahan PKBM Bersama, bisa memberikan peningkatan IPM dan RLS di Kabupaten Indramayu.” Pungkasnya. (Abdul Jaelani/ FP).

 

ads

Baca Juga
Related

270 Napi Indramayu Peroleh Remisi Lebaran

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Mementum lebaran Idul Fitri 1438 H, Kementerian Hukum...

Afif Rahman ; Boleh Kritisi Menag, Tapi Jangan Lecehkan Pribadi

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Ketua Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Ansor Kabupaten Indramayu,...

Atasi Kekeringan Lahan Pertanian, Yoseph Umar Hadi Gedor BBWS CC

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Anggota Komisi V DPR RI, Yoseph Umar Hadi...

Uu Ruzhanul Ulum Siap Buat Perda Pesantren

TASIKMALAYA,(Fokuspantura.com),- Calon Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum...
- Advertisement -

FokusUpdate

Popular

Mau copas berita, silahkan izin dulu
Mau copas berita, silahkan izin dulu