EdukasiWarga Belajar Kesetaraan di Indramayu Ikuti Ujian Pendidikan

Warga Belajar Kesetaraan di Indramayu Ikuti Ujian Pendidikan

INDRAMAYU, (Fokuspantura.com),- Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Kabupaten Indramayu, mulai menggelar Ujian Pendidikan Kesetaraan (UPK). Baik paket A (setara SD), paket B (setara SMP) dan paket C (setara SMA).

Seperti pada aktifitas PKBM Underan Desa Pringgacala, Kecamatan Karangampel, Kabupaten Indramayu misalnya, saat ini tengah menggelar ujian modul penilaian akhir semester selama lima hari yang dimulai dari tanggal 16 – 21 Maret 2023.

Kepala PKBM Underan, Novi Rosliyana, mengatakan, peserta ujian modul penilaian ahir semester untuk Paket C di PKBM Underan ini, diikuti oleh 34 wajib belajar (WB).

“35 warga belajar itu dinyatakan bisa ikut ujian ini karena memenuhi persyaratan. Salah satunya presensi kehadiran dalam belajar,” ungkapnya.

Novi menjelaskan, proses ujian modul penilaian akhir semester itu dilakukan dengan cara tatap muka alias luar jaringan (Luring).

“Alhamdulillah PPKM sudah berlalu, sehingga kami bisa menyelenggarakan ujian secara tatap muka bukan secara Daring lagi,” paparnya.

Hal serupa juga dilaksanakan oleh PKBM Griya Pintar, Desa Penganjang, Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu yang menyelenggarakan UPK paket A, B dan C.

Kepala PKBM Griya Pintar, Mindawati menjelaskan, Ujian Pendidikan Kesetaraan dilakukan selama 4 hari untuk paket A, 5 hari untuk paket B dan 6 hari untuk paket C yang dimulai sejak Kamis, (16/03) kemarin.

“Untuk jumlah warga belajar itu sebanyak 5 warga belajar yang mengikuti UPK paket A, 13 warga belajar paket B dan 18 warga belajar paket C,” jelasnya.

Minda menambahkan, modul yang diujikan kepada warga belajar baik paket A,B,C di PKBM Griya Pintar itu diantaranya, Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan, Matematika, Ilmu Pengetahuan Sosial, Ilmu Pengetahuan Alam, Pendidikan Agama dan Budi Pekerti serta pemberdayaan, keterampilan Wajib, keterampilan pilihan.

“Kalau untuk paket B itu ada Ujian Bahasa Inggisnya sedangkan warga belajar yang ikut ujian paket C itu ada Ujian mata pelajaran Geografi, Sosiologi, Ekonomi dan Sejarah”, tutunya.

Dengan dilaksanakannya ujian modul penilaian akhir semester ini, penyelenggara pendidikan kesetaraan berharap, kedepan pendidikan kesetaraan di Kabupaten Indramayu bisa lebih bermutu.

“Semoga keberadaan PKBM di Indramayu bisa bermanfaat bagi masyarakat yang putus sekolah.” Pungkasnya. (Abdul Jaelani/ FP)

ads

Baca Juga
Related

Kasmurih Tinggal di Gubug Tidak Layak Huni

KERTASEMAYA,(Fokuspantura.com),- Kondisi bangunan sederhana terbuat dari anyaman pagar berukuran...

Bupati Tegal dan Band Wali Panjatkan Doa Untuk Indonesia Damai

SLAWI,(Fokuspantura.com),- Malam puncak peringatan HUT Ke-74 RI Tingkat Kabupaten...

Hasil Panen Tanam Gadu di Kecamatan Sindang Menggembirakan

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com.com),- Bupati Indramayu, Nina Agustina Da'i Bachtiar mengikuti panen...

Ono Surono: Kerja Tiga Pilar Partai Optimis Jabar Bangkit dan Menang Pileg 2024

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Ketua DPD PDI Perjuangan Propinsi Jawa Barat, Ono Surono,...
- Advertisement -

FokusUpdate

Popular

Mau copas berita, silahkan izin dulu
Mau copas berita, silahkan izin dulu