Fokus NewsRegionalTeken Laju Pertumbuhan Penduduk, 158 Akseptor Lakukan Tubektomi

Teken Laju Pertumbuhan Penduduk, 158 Akseptor Lakukan Tubektomi

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Sebanyak 158 akseptor KB melakukan Medis Operasi Wanita (MOW) dengan cara tubektomi dan 1 akseptor KB melakukan Medis Operasi Pria (MOP) dengan vasektomi yang yang berlangsung, Rabu (18/10/2017) di Rumah Sakit Bumi Patra Balongan.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Indramayu, Wahidin menjelaskan, kegiatan MOW dan MOP bagian akseptor KB tersebut dilakukan sebagai upaya untuk menekan laju pertumbuhan penduduk di Kabupaten Indramayu. Dengan menekan laju pertumbuhan penduduk maka diharapkan ada peningkatan status didalam lingkungan keluarga masyarakat Indramayu.

Wahidin menambahkan, kegiatan tersebut merupakan bhakti sosial sebagai rangkaian kegiatan TNI Manunggal KB Kesehatan dan Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan di Kabupaten Indramayu. Pelayanan MOW dan MOP ini dilakukan oleh team medis dari Rumah Sakit TNI AU Salamun Bandung, BKKBN Jawa Barat dan Rumah Sakit Bumi Patra Balongan. 

“Pelayanan pada hari ini dilaksanakan dengan dukungan penuh dari para kader KB, kader PKK, kelompok bina keluarga, Yayasan Gempur Gakin, dan juga peran aktif dari Babinsa yang ada di berbagai Koramil,” kata Wahidin. 

Sementara itu Kepala Bidang Keluarga Berencana, Ketahanan Keluarga dan Keluarga Sejahtera pada DPPKB Kabupaten Indramayu, Trinani, mengatakan, pelayanan KB terpusat ini telah menjadi agenda rutin DPPKB. Untuk tahun ini masih ada 1 momentum pelayanan yang akan dilaksanakan yakni pada tanggal 8 Desember 2017 mendatang.

Seperti diketahui, kontrasepsi mantap atau biasa disebut sterilisasi dapat dibedakan menjadi dua yaitu Tubektomi untuk wanita (MOW) dan Vasektomi untuk pria (MOP).

Kontrasepsi mantap ini merupakan suatu metode kontrasepsi permanen yang dilakukan terhadap saluran telur wanita (sterilisasi) atau saluran bibit pria (vasektomi) sehingga dapat  menghalangi pertemuan ovum dan sperma dan dapat mencegah terjadinya kehamilan.

Kontrasepsi mantap pada umumnya bersifat permanen walau juga terdapat beberapa teknik yang memungkinkan rekanalisasi saluran tuba atau vas deferen. Untuk angka keberhasilan kontrasepsi ini cukup tinggi dan angka kegagalannya rendah sehingga kontap merupakan salah satu jenis kotrasepsi pilihan. Definisi Tubektomi sendiri adalah suatu tindakan memotong atau menutup saluran tuba falopi sehingga memutuskan jalur pertemuan ovum dan sperma.

ads

Baca Juga
Related

Ribuan Kader PDIP Indramayu Hadiri Rapat Akbar

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Kader PDI Perjuangan Kabupaten Indramayu dari Pengurus DPC,...

Dekatkan Pelayanan, Samsat Haurgeulis Buka Samling di Alun-alun Anjatan

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),-Pusat Pengelolah Pendapatan Daerah (PPPD) II Haurgeulis, Kabupaten Indramayu, ...

Kampanye Putaran II, Jokowi di Indramayu, Prabowo ke Cirebon

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Kawasan Pantai Utara (Pantura) akan dijadikan pertempuran kedua...

4 Pengurus TP- PKK Kecamatan Anjatan Dilantik

ANJATAN, (Fokuspantura.com),- Ketua Tim Penggerak PKK (TP- PKK) Kecamatan...
- Advertisement -

FokusUpdate

Popular

Mau copas berita, silahkan izin dulu
Mau copas berita, silahkan izin dulu