Fokus NewsFokus Pantura951 Penyelenggara Pemilu Tingkat Desa Dilantik

951 Penyelenggara Pemilu Tingkat Desa Dilantik

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Ketua Komisi Pemiliah Umum (KPU) Kabupaten Indramayu, Murtiningsih Kartini secara resmi melantik dan mengambil sumpah 951 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se- Kabupaten Indramayu di GOR Dharma Ayu Indramayu, Sabtu(11/11/2017).

Pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah bagi anggota PPS se- Kabupaten Indramayu kali ini berdasarkan berita acara sumpah jabatan Keputusan Ketua KPU Indramayu No.31/PP-05-3-KPT/3212/KPU KAB/XI/2017 Tanggal 11 November 2017 dan.dilaksanakan  dalam satu tempat serentak se- Jawa Barat. Hal itu dilakukan agar satu sama lain saling mengenal dan mempermudah dalam memberikan pemahaman tentang tugas dan fungsi penyelenggara pemilu di desa.

”Kita mengucapkan puji syukur, pada saat ini telah melaksanakan pelantikan anggota PPS, pelantikan ini dilaksakan secara serentak se-Jawa Barat.”tuturnya.

Dikatakannya, Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang baru saja dilantik, akan menjadi garda terdepan bagi suksesi penyelenggaran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat pada tahun 2018 nanti. Melalui dukungan anggaran yang sudah dipersiapkan di Kabupaten Indramayu sebesar Rp48 miliar, diyakini, dapat meningkatkan kinerja penyelenggara pemilu secara produktif dan profesional.

“Kami yakin mereka sudah siap mensukseskan pelaksanaan Pilgub Jabar pada tahun 2018 nanti setelah dilantik ini mereka sudah bisa bekerja dan harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab “ungkapnya disela-sela kegiatan.

Baca Juga : http://www.fokuspantura.com/politik/1086-kpu-indramayu-siapkan-48-miliar-biaya-pilgub-jabar

Menurutnya, tantangan kedepan penyelenggara pemilu baik ditingkat PPK, PPS maupun KPPS adalah terkait validasi hak pilih yang saat ini melibatkan pihak lain seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) seiring legalitas pemilih yang masih belum memiliki E-KTP maupun belum terregistrasi sebagai penduduk disuatu desa. Hal ini dibutuhkan peran serta seluruh masyarakat Indramayu agar memeprhatikan apakah sudah masuk dalam daftar hak pilih atau belum.

“Nanti akan terlihat dimasing-masing rumah ditempel lembar coklit sebagai bukti awal masyarakat tercatat sebagai Daftar Pemilih Tetap(DPT),” ujarnya.

Jika salah satu dari anggota keluarga ada yang belum terdaftar, maka segera dikordinasikan kepada pihak Peerintah Desa atau panitia pemungutan suara (PPS) setempat dengan membawa bukti-bukti identitas kependudukan yang berlaku.

Kendala itu, kata Murti yang selalu muncul dalam setiap pelaksanaan pemilu, baik Pilpres, Pileg, Pilgub maupun Pilbup. oleh karena itu, peran serta dari peserta pemilu (Parpol) menjadi penting untuk saling bersinergi memberikan informasi kepada penyelenggara pemilu jika didapati persoalan hak pilih ini menjadi hal yang patut untuk diperbaiki.

“Karena masalah hak pilih itu, Parpol atau peserta pemilu juga punya peran penting, karena itu kepentingan mereka juga,”imbuhnya.

Ia berharap, seluruh penyelenggara pemilu di Kabupaten Indramayu mampu melaksanakan motto Pilkada Jabar “SEMARAK”(Semangat Mandiri dan Fleksibel) dengan sebaik-baiknya dan amanah.

Sementara itu, Sekda Indramayu, H. Ahmad Bachtiar mengatakan seluruh anggota PPS se-Indramayu yang baru saja dilantik merupakan para mujahid dan mujahidah, mengingat honor PPS jauh dibawah standar Upah Minimum Kabupaten (UMK), tetapi dituntut oleh sebuah tanggung jawab yang sangat besar.

“Para bapak dan ibu merupakan mujahid dan mujahida karena honor PPS jauh dibawah UMK, semoga setiap langkah para PPS dengan niat Ibadah krn ditangan bapak Ibulah, Jabar bisa melahirkan Sosok pemimpin Jabar, karena apabila ada satu PPS saja yang tidak mau bekerja maka jangan harap Gubernur akan bisa dilantik.”tuturnya.

Ia berharap, seluruh penyelenggara pemilu di kabupaten Indramayu mampu melaksanakan amanah itu dengan sebaik-baiknya kendati suhu politik kedepan akan semakin meningkat tetapi yakinlah, Kabupaten Indranayu akan tetap tentram, aman dan damai.

Hadir pada kesempatan itu, Dandim 0616/ Indramayu diwakili Kasdim Mayor Inf Hudi Mahudi, Kapolres Indramayu diwakili oleh Kompol Bendi Ugianto, Kepala Kesbang Pol Kabupaten Indramayu Gunawan, Para Camat, Lurah dan Kuwu se Kabupaten Indramayu, Anggota Panwas se – Kabupaten Indramayu dan anggota PPK Se – Kabupaten Indramayu.

ads

Baca Juga
Related

Isak Tangis Pecah Saat Jasad Perahu Tenggelam Tiba

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Kehadiran jenazah korban perahu terbalik warga Desa Sukahaji...

174 Siswa SMAN 1 Sindang Ikuti Sosialisasi SNMPTN

INDRAMAYU, (Fokuspantura.com),- Kepala SMA Negeri 1 Sindang, Sulkhin, mendukung...

Balonbup Hj. Dian Hernawa Susanti Mulai Dekati Masyarakat

CIREBON,(Fokuspantura.com),- Salah seorang Balonbup dari PDI Perjungan, Hj. Dian...

SMSI Ingatkan Kemenkominfo, Pesan Penanganan Covid-19 Dipertanyakan

JAKARTA,(Fokuspantura.com),- Ketua Umum Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Pusat,...
- Advertisement -

FokusUpdate

Popular

Mau copas berita, silahkan izin dulu
Mau copas berita, silahkan izin dulu