Fokus NewsNasionalNandito Alsena Lounching Pameran Seni Komik Leak Vs Cindaku Karang

Nandito Alsena Lounching Pameran Seni Komik Leak Vs Cindaku Karang

JAKARTA,(Fokuspantura.com),- Salah seorang mahasiswa di sebuah Universitas Jakarta, Nandito Alsena, menggelar pameran seni dan launching komik dari #mukjizatkomik Legenda Cindaku-Karang vs Leak Man, di Gedung Ruang Pameran, Universitas Mercu Buana (UMB) Jalan Meruya Selatan, Jakarta Barat.

Karya seni lewat explorasi yang dimiliki atas kecintaannya akan budaya serta kearifan lokal bangsa Indonesia, serta observasi dari beberapa hikayat dan legenda yang hidup di nusantara ini, ditampilkanlah tokoh-tokoh berbentuk action figure disertai komik.

Inovasi bertajuk keberagaman dan banyaknya hikayat serta legenda sejarah yang diangkat, maka dipilihlah cerita rakyat Bali tentang Leak dipadukan dengan Cikarang tentang manusia harimau.

Penelusuran tentang mahakarya budaya dan seni nusantara, menuntut sosok mahasiswa tersebut membuat narasi pertanyaan atas kondisi yang terjadi saat ini.

“Nusantara, apa yang terlintas dibenak kita…? Apakah dengan ribuan pulaunya…? dengan beragam sukunya…? atau legenda maupun hikayatnya…?. Nusantara memang menyimpan begitu banyaknya misteri yang bisa dan akan terungkap nantinya,” tulis Nandito dalam rilis yang diterima.

Hal ini yang menggelitik, Nandito, merasakan keprihatinan terhadap apa yang terjadi saat ini di tengah masyarakat Indonesia dengan begitu banyaknya komik maupun action figure yang ada, namun jarang sekali ada cerita maupun tokoh-tokoh asli nusantara yang diangkat dan menjadi trend setter di kalangan anak-anak Indonesia terutama.

Maka karena rasa kekhawatiran dari fenomena ini mendorong seorang mahasiswa di Jakarta untuk memberanikan diri mengangkat legenda dan hikayat asli Indonesia. Diwujudkan dalam bentuk action figure dan komik berjudul Leak Man Vs Cindaku Karang.

Dengan memanfaatkan lingkungan kampus sebagai media untuk promosi dan sebagai salah satu syarat tugas akhir, diadakanlah pameran seni dan launching komik tersebut.

Berharap para generasi muda Indonesia lebih mengenal cerita-cerita hikayat maupun legenda asli Nusantara dan mau mengembangkan dengan berbagai cara yang bisa di lakukan, agar cerita mapun legenda Indonesia semakin dikenal dunia.

ads

Baca Juga
Related

Pencuri Bersenjata Api Babak Belur Dikeroyok Massa

PATROL, (Fokuspantura.com),- Roj (38 tahun), warga Desa Kecamatan Cikedung,...

387 Peserta Diklat BST KLM Dinyatakan Lulus

SUKRA,  (Fokuspantura.com),- Setelah tiga hari mengikuti pelatihan, ratusan  warga...

Percepat Diagnosis, Tracing dan Testing Covid-19, Bupati Purwakarta Resmikan Labkesda

PURWAKARTA, (Fokuspantura.com),- Guna mempercepat penegakan hasil diagnosis serta menunjang...

Disdukcapil Indramayu ‘Jemput Bola’ Rekam E-KTP

KRANGKENG,(Fokuspantura.com),– Pemerintah Kabupaten Indramayu, melakukan jemput bola dengan melibatkan...
- Advertisement -

FokusUpdate

Popular

Mau copas berita, silahkan izin dulu
Mau copas berita, silahkan izin dulu