Jelang Lebaran, Dandes Tahap 1 di 309 Desa Tuntas Salur

Jelang Lebaran, Dandes Tahap 1 di 309 Desa Tuntas Salur

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Cirebon, sukses melakukan transfer Dana Desa (Dandes) untuk 309 desa di wilayah Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, per 20 Mei 2020.

Mekanisme penyaluran Dandes tersebut, merujuk dua aturan PMK 205 tahun 2020 bagi 163 desa sebesar 40 persen tahap pertama dan PMK nomor 40 tahun 2020 untuk 146 desa sebesar 15 persen tahap pertama di bulan pertama.

Plt Kepala BKD Indramayu, Ahmad Sadzili, melalui Pejabat Penatausahaan Keuangan SKPKD, Ali Siswoyo, mengatakan, Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Indramayu, berkerja sama dengan Dinas DPMD Indramayu dan KPPN Cirebon, telah sukses melakukan proses verifikasi dan usulan pencairan Dana Desa bagi 309 Desa di Kabupaten Indramayu sejak 13 April 2020 lalu, ( Baca Berita ini : http://www.fokuspantura.com/fokus-indramayu/3524-ditengah-pandemi-covid-19-dandes-tahap-i-cair-50-desa#.XpM9E--XphE.).

Baca Juga http://www.fokuspantura.com/fokus-indramayu/3529-update-dandes-70-desa-terkonfirmasi-bkd-indramayu-cair-rp36-1-miliar

Menurutnya, pada penyaluran Dandes tahun 2020 ini, mengacu pada dua Peraturan Menteri Keuangan (PMK) mengingat kondisi bangsa saat ini sedang menghadapi Pandemi VirusCorona Desaise 2019 ( Covid-19). Maka seluruh anggaran yang dikeluarkan pemerintah pusat kepada Desa agar bisa menyesuaikan dan fokus pada penanganan dampak Corona.

Baca Juga : http://www.fokuspantura.com/fokus-indramayu/3611-dana-desa-fokus-blt-di-indramayu-cair-94-desa

“Salah satunya pada ketentuan PMK 40 tahun 2020 ini adalah fokus pemberian BLT-Desa,” tuturnya.

Ia bersyukur, jelang Hari Raya Idul Fitri 1441 hijriyah, seluruh Desa di Kabupaten Indramayu sudah tersalurkan Dana Desa tahap 1 baik yang 40 persen maupun yang 15 persen sesuai harapan semua pihak. Pasca lebaran nanti, pihaknya akan fokus pada penanganan usulan penyaluran Dandes tahap 2 sebesar 15 persen fokus BLT-Desa bagi 163 yang sudah awal dicairkan.

“Begitupun, untuk 146 Desa persiapan bulan ke dua sebesar 15 persen akan dipersiapkan,” terangnya.

Baca Juga : http://www.fokuspantura.com/fokus-indramayu/3586-perubahan-pmk-sisa-43-dana-desa-cair-dengan-regulasi-lama

Sementara itu, data yang diperoleh Fokuspantura.com menyebutkan, terdapat 43 Desa yang sudah tersalukan Dandes melalui masing – masing rekening desa untuk tahap 1 sebesar 15 persen, diantaranya adalah Kecamatan Kroya, Desa Tanjungkerta, Kroya, Temiyang, Temiyangsari, Jayamulya, Sukaslamet dan Sumberjaya. Kecamatan Gabuswetan, Desa Kedungdawa, Gabuskulon, Sekarmulya, Rancahan dan Druntenkulon. Kecamatan Cikedung, Desa Loyang, Jatisura dan Cikedung Kidul. Kecamatan Lelea, Desa Pengauban dan Telagasari. Kecamatan Widasari, Desa Bangkaloa Ilir, Widasari, Bunder, Ujungaris dan Leuwigede. Kecamatan Kertasemaya, Desa Manguntara dan Tenajar Kidul. Kecamatan Krangkeng, Desa Singakerta. Kecamatan Sliyeg, Desa Tugu Kidul. Kecamatan Jatibarang, Pilangsari, Kalimati dan Lobener. Kecamatan Balongan, Desa Gelarmendala. Kecamatan Indramayu, Desa Pekandangan dan Tambak. Kecamatan Sindang, Desa Penganjang. Kecamatan Arahan, Desa Linggajati, Sukadadi dan Tawangsari. Kecamatan Losarang, Desa Jumbleng, Santing, Jangga dan Cemara Kulon. Kecamatan Bongas Desa Kertajaya. Kecamatan Anjatan Desa Mangunjaya. Kecamatan Gantar, Desa Gantar. Kecamatan Terisi, Desa Plosokerep. Kecamatan Sukagumiwang, Desa Bondan. Kecamatan Pasekan, Desa Pasekan dan Kecamatan Tukdana, Desa Sukaperna.


Redaktur: Ihsan Mahfudz
Penulis: Ihsan Mahfudz
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive