SwasembadaWarga Cangkring Indramayu Produksi 200 Ton Ikan Bandeng Imlek

Warga Cangkring Indramayu Produksi 200 Ton Ikan Bandeng Imlek

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Tahun Baru Imlek dijadikan momentum berkah bagi petani tambak warga Desa Cangkring, Kecamatan Cantigi, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Pasalnya setiap tahun petani di wilayah ujung pantai utara tersebut mampu memproduksi ikan bandeng imlek dengan berat 3 kg per ekor guna memenuhi kebutuhan perayaan hari raya imlek.

Penjabat Kuwu Cangkring, Tarmudi, mengatakan, setiap tahun petani tambak diwilayahnya selalu memproduksi ikan bandeng imlek mencapai 200 ton. Proses panen yang berlangsung selama 15 hari menjelang hari imlek tersebut, dijadikan momentum berkah bagi kesejahteraan warganya yang berlangsung puluhan tahun.

Dikatakannya, jelang pelaksanaan hari raya Imlek, warga petani tambak setiap hari mengirimkan ikan yang dijadikan bahan untuk mengisi tradisi tahun baru warga cina di Jakarta tersebut, mencapai 4 truk pengiriman atau sekitar 20 ton ikan.

“Momentum ini merupakan potensi warga Desa Cangkring yang harus dijadikan andalan dan potensi desa agar lebih ditingkatkan melalui pemasaran global, karena selama ini hanya mengandalkan pasokan warga Cina di Jakarta seperti Muara Angke dan Muara Baru,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Jaka Muara, Desa Cangkring, Nursidik, mengatakan, pihaknya meminta dukungan dari pemerintah Kabupaten Indramayu agar dapat memberikan solusi pemasaran ikan bandeng imlek untuk warga Cina di daerah lain, sehingga potensi petambak ikan bandeng Imlek ini lebih ditingkatkan menjadi destinasi yang memberikan jaminan kesejahteraan warga masyarakat.

“Kami berharap semoga kedepan hadir perusahaan yang fokus menerima produksi bandeng imlek warga Cangkring,” tuturnya saat menghadiri acara Reses Persidangan Ketua DPRD Indramayu, Syaefudin.

Sementara itu, Ketua DPRD Indramayu, Syaefudin, menyambut baik harapan dan keinginan warga petani tambak Desa Cangkring yang selama ini telah mendukung perekonomian masyarakat lewat usaha petani tambak, dimana kondisi yang berlangsung puluhan tahun, petani memproduksi bandeng dengan masa tanam lebih dari satu tahun ini, akan menjadi potensi yang bisa dibanggakan.

Pihaknya akan menyampaikan kondisi riil masyarakat petani tambak dan nelayan Desa Cangkring selama ini, minimalnya dapat disupport dari Pemerintah Daerah, guna dilakukan pembinaan baik bidang pemasaran maupun permodalan.

“Apalagi pemasaran Ikan Bandeng Imlek ini sudah ada pangsa pasarnya setiap menjelang hari Raya Imlek,” kata Politisi Partai Golkar ini.

Ia berharap, potensi ikan bandeng imlek akan menjadi daya tarik tersendiri bagi destinasi Desa Cangkring, termasuk upaya menjadikan produksi bandeng unggulan Indramayu.

ads

Baca Juga
Related

Kerja Nyata Aleg Kasan Basari Tinjau Pelaksanaan Normalisasi Cipanas I

 INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),-  Puluhan petani wilayah Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat,...

Hantam Truk Puso, Satu Pengendara Motor Tewas

CIREBON,(Fokuspantura.com),- Kecelakaan lalu lintas (lakalantas) yang memakan korban jiwa...

E-Kamling dan Kearifan Lokal

MAJALENGKA,(Fokuspantura.com),- Untuk mengoptimalkan pendayagunaan sumberdaya lokal dan kearifan lokal...

Jelang Lebaran Harga Ayam Kampung Naik

CIREBON,(Fokuspantura.com),- Mendekati Lebaran, harga ayam kampung di Pasar Kanoman...
- Advertisement -

FokusUpdate

Popular

Mau copas berita, silahkan izin dulu
Mau copas berita, silahkan izin dulu