OpiniFokus RembuganPenghasilan Pekerja Seni di Indramayu Turun Drastis Pada Masa Pandemi Covid-19

Penghasilan Pekerja Seni di Indramayu Turun Drastis Pada Masa Pandemi Covid-19

 
 
IMG 20200814 WA0033 copy 600x858Oleh : H. Sirojudin, SP 
RIBUAN pekerja seni di wilayah Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, turut terdampak akibat Pandemi Covid-19 selama berlangsung tiga bulan sekarang, mereka para pegiat seni harus menerima keputusan pemerintah dengan munculnya Maklumat Kapolri dan himbauan Bupati Indramayu tentang larangan manggung atau dalam istilah lain pentas hiburan untuk meramaikan hajat masyarakat.
 
Perlu di ketahui, bahwa yang di maksud dengan pekerja seni bukan hanya seniman saja, baik seniman hiburan, seniman lukis, photografer, pengusaha rias, pengusaha tenda kursi, pengusaha sound system, tukang panggung, EO dll maupun yang telibat langsung dgn hiburan atau tontonan yg lain.
 
Penulis yang merupakan Pimpinan DPRD Indramayu, banyak menerima keluhan dan aspirasi baik secara langsung dari para seniman dan pekerja seni, yang datang ke kantor wakil rakyat, maupun saat menggelar reses menemui konstituen diwilayah Daerah Pemilihan (Dapil). Keluhan yang sampaikani para seniman adalah sulitnya membuka lapangan kerja baru untuk memenuhi kebutuhan keluarga selama berbulan-bulan mereka tak manggung dengan bentuk pekerjaan baru.
 
Kondisi tersebut, diperparah dengan pembatasan manggung sejak awal Agustus 2020 ini, pasalnya, Keputusan Bupati Indramayu nomer 36 tahun 2020 pasal 26 tentang pemberian izin bagi pelaku seni untuk manggung hanya disiang hari saja, pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) selama Pandemi Covid-19 ini berlangsung di wilayah Kabupaten Indramayu.
 
Menurutnya penghasilan para seniman dari berbagai latar belakang seniman adalah fakta baru bagi kondisi sosial masyarakat yang terdampak Covid-19. Maka dibutuhkan sentuhan pemerintah daerah (Pemda) agar jaring pengaman sosial yang saat ini menjadi tanggungjawab pemerintah baik pusat, propinsi maupun kabupaten, kiranya lebih tepat diberikan kepada para pelaku seni di Kabupaten Indramayu.
 
Sebagaimana diketahui bersama, kuota bantuan jaring pengaman sosial sebanyak 24 ribu kepala keluarga, para pelaku seni harus menjadi bagian dari program jaring pengaman sosial yang menjadi pelaksanaan tanggung jawab pemerintah itu sendiri,.sehingga para seniman dengan konsekwensi dan situasi apapun, tetap terus bertahan dan mengkaryakan seni di bidang masing-masing guna mewujudkan tatanan kehidupan masyarakat yang sejahtera.
 
Oleh karenanya, penulis ingin mendorong para pemangku kebijakan dalam hal ini Pemkab Indrmayu agar peduli terhadap nasib dan kondisi seniman di wilayah Kabupaten Indramayu, dengan cara apa ?, memberikan kepastian jika ribuan seniman sudah tercover pada program jaring pengaman sosial. Bila perlu tidak hanya itu, bagi seniman yang memiliki badan usaha mandiri agar dapat di suplai dari program Kementerian Koperasi dan UKM guna pemulihan ekonomi secara menyeluruh akibat dampak Covid-19.
 
Ahirnya, penulis berharap, para seniman dan pekerja seni di Kabupaten Indramayu dalam menghadapi kondisi Pandemi Covid-19 yang saat ini masih terjadi dan tetap pada rutinas sehari – hari dengan memperhatikan protokol kesehatan agar terhindar dari penularan Corona.
 
Wallahu ‘alam,.semoga bermanfaat.
 
*) Penulis adalah Mahasiswa Program Pasca Sarjana Universitas Tujuh belas Agustus 1945 ( UNTAG ) Cirebon.
ads

Baca Juga
Related

Lucky Hakim Center Pastikan Surat Pengunduran Diri Beredar Bukan Hoak

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Ketua Lucky Hakim Center, Dadi Carmadi, membenarkan surat pengunduran...

Produksi Padi di Kecamatan Kandanghaur Dibawah Normal

INDRAMAYU, (Fokuspantura.com),- Terendamnya ratusan lahan pertanian di Desa Ilir...

Catatan PWI Terkait Pergantian Tahun

Oleh : Atal Sembiring Depari   Hajatan nasional yang sangat...

Obyek Wisata Guci Berlakukan Tiket Elektronik

SLAWI, (Fokuspantura.com),- Bupati Tegal Enthus Susmono meresmikan penggunaan tiket...
- Advertisement -

FokusUpdate

Popular

Mau copas berita, silahkan izin dulu
Mau copas berita, silahkan izin dulu