Membludak, 211 Bacalwu Bakal Ikuti Seleksi Akademik

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Sebanyak 32 desa dari 171 desa yang bakal menggelar penyelenggaraan Pemilihan Kuwu (Pilwu) serentak di Kabupaten Indramayu, sedikitnya ada 211 Bakal Calon Kuwu ( Bacalwu) wajib mengikuti tes akademik yang akan berlangsung pada tanggal 16-20 April 2021 mendatang.

"Allhamdulillah hasil rapat dengan 32 Panpilwu berjalan lancar. Rapat membahas persiapan jelang tes akademik bagi desa atau bacalwu yang lebih dari lima pendaftar," ungkap Plt Sekretaris DPMD Indramayu, Kadmidi saat di hubungi via sambungan telepon, Jumat (27/3/2021).

Menurut Kabid yang juga merangkap Plt Sekretaris Dinas PMD ini mengatakan, pelaksanaan tes akademik bagi 211 Bacalwu nanti, pihaknya sudah memberikan penjelasan kepada Panpilwu agar pelaksanaan verifikasi penelitiam berkas Bacalwu dilakukan pada 9 April 2021 mendatang, sehingga pada tanggal 12 April 2021 nanti, DPMD dapat mengudang para Bacalwu untuk pembekalan informasi pengarahan dan mekanisme tes akademik.

Ia menjelaskan, untuk pelaksanaan tes akademik, rencananya bertempat di Aula Unwir Indramayu. Disampaikan kepada para Bacalwu, agar tidak membawa pendukung atau iring iringan. Larangan ini dilakukan karena di massa Pandemi agar dapat saling menjaga Prokes yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

"Saya minta para Bacalwu yang akan ikut tes akademik jangan bawa pendukung lagi. Karena percuma tidak diperkenankan masuk ke area Unwir,"paparnya.

Pelaksanaan tes akademik yang sudah tercantum dalam Perbup dan Perda Pilwu Indramyu ini, pihaknya berharap pelaksanaannya berjalan dengan sukses tanpa ekses.

"Kami berharap kepada semua bacalwu yang akan mengikuti tes akademik bagi calon yang lebih dari lima orang maka tetap jaga prokes, kondusif, ikuti aturan panitia yang sudah ditetapkan,"katanya.

Ditambahkannya, mengenai dari mana panitia yang akan menguji para bacalwu nanti, Tim Pansel Unwir yang akan mempersiapkan baik soal maupun materi yang akan diterima Bacalwu.

"Unwir yang akan mengatur, kami hanya menyerahkan data 32 desa dan nama Bacalwunya saja,"imbuhnya.

Sementara itu dari daftar 32 desa dan Bacalwu yang lebih dari lima orang pendaftar  adalah Desa Bugel dan Tulungagung diikuti sepuluh Bacalwu. Desa Temiyang sembilan Bacalwu. Desa Cidempet, Lohbener, Sindang, Ujunggebang delapan Bacalwu. Desa Pranggong, Margamulya, Cikedung, Mekarwaru, Sanja, Karangtumaritis, Pabean Ilir, Gunungsari, Sukagumiwang dan Tegaltaman masing-masing tujuh Bacalwu.

Adapun nama desa yang bacalwunya ada enam orang yakni, Desa Gelarmandala  Drunten wetan, Gantar, Bantarwaru, Cipancuh, Junti Kebon, Segeran, Kroya, Brobdong, Terusan, Dermayu, Bondan, Plosokerep, Bangkaloa Ilir. 


Redaktur: Ihsan Mahfudz
Penulis: Jujun Juhanda
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive