Camat Kroya Pertegas Panpilwu Tak Netral Agar Mundur

Camat Kroya Pertegas Panpilwu Tak Netral Agar Mundur

INDRAMAYU, (Fokuspantura.com.com), -Pemerintah Kecamatan (Pemkec) Kroya Kabupaten Indramayu bersama 5 (lima) desa penyelenggara Pemilihan Kuwu serentak 2 Juni 2021 mendatang optimis akan mensukseskan pesta demokrasi tingkat desa tersebut berjalan dengan kondusif, jujur, adil, tanpa ekses.

Seperti diketahui, di wilayah Kecamatan Kroya, akan dilaksanakan Pemilihan Kuwu (Pilwu) di lima desa yakni Desa Kroya, Desa Temiyang, Delesa Temiang Sari, Desa Sukaslamet dan Desa Tanjungkerta

Camat Kroya, Haryono, mengatakan, pihaknya optimis untuk penyelenggaraan Pilwu diwilayahnya akan mengedepankan unsur netralitas disemua jajaran baik di tingkat Pj Kuwu, BPD termasuk Panitia Pilwu. Hal ini dilakukan sesuai arahan Perbup 64.A tahun 2020 dan Perda no 5 tahun 2017.

Dia menuturkan, dari 5 desa diwilayah binaan kerjanya yang bakal menggelar pelaksanaan Pilwu serentak pada tahun ini sudah berjalan sesuai tahapan. Hingga saat ini sudah pada tahapan beberapa bakal calon kuwu yang sudah mendaftar secara resmi. 

Disinggung netralitas bagi jajaran unsur Panpilwu di lima penyelenggara, pihaknya telah menegaskan bahwa Panpilwu yang sudah di lantik agar dapat menjalani progres kerjanya dengan mengikuti semua aturan yang sudah tertuang dalam Perbub dan Perda Pilwu. 

Dia juga menegaskan, kalau ditemukan panitia pilwu sejak dikukuhkan hingga sudah masuk ke tahap pendaftaran balon kuwu masih terlibat tidak netral dan masuk dalam ranah politik salah satu calon kuwu, maka sebaiknya mundur dari posisinya dari pada menjadi bumerang bagi panitia lainnya. 

" Dari pada bikin bumerang bagi panitia pilwu lainnya, lebih baik panitia yang tidak netral mundur saja, ini saya tegaskan agar penyelenggaraan pilwu di wilayah Kec Kroya berjalan dengan kondusif, "ungkap Haryono diruang kerjanya, Rabu, (10/3/2021)

Haryono juga menjelaskan, terkait ada atau tidak adanya keterikatan tertulis bagi jajaran Pj Kuwu, BPD dan Pamong Desa agar bersikap Netral, dirinya mengamini dan percaya kepada seluruh Penjabat Kuwu untuk bersikap netral. Pasalnya, ia pasca dilantik sudah diamanatkan wajib menghantarkan penyelenggaraan Pilwu dengan jujur, adil juga kondusif. 

"Pj Kuwu wajib menghantarkan Pilwu sukses, tidak ada keterikatan dengan salah satu calon kuwu untuk ikut ikutan dukung mendukung,  kecuali jika ada Pj Kuwu yang nekat ya siap siap saja terima sanksi ASNnya,"kata Haryono. 

Tidak hanya dijajaran Pj Kuwu yang dia tekankan untuk bersikap netral, akan tetapi diunsur pamong desa dan BPD harus ikut netral apa yang sudah diarahkan oleh Bupati.

"Bukan ikut dukung mendukung salah satu calon kuwu itu salah besar,"ujarnya. 

Camat Haryono menambahkan, mengenai himbauan untuk masyarakat di lima desa penyelenggara Pilwu, pihaknya belum menjalankan atau mengumumkan kepada masyarakat terkait himbauan. Namun pada saatnya nanti pasti himbauan untuk masyarakat setelah para balon sudah ditetapkan sebagai calon. 

"Insya Allah, himbauan untuk masyarakat dari kami pasti ada. Tapi nanti sesuai dengan tahapannya. Setelah balon di tetapkan sebagai calon pasti ada himbauan yang sifatnya Damai, "ujarnya. 




Redaktur: Ihsan Mahfudz
Penulis: Jujun Juhanda
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive