Panitia Pilwu Desa Jatibarang Baru Kedepankan Netralitas

Panitia Pilwu Desa Jatibarang Baru Kedepankan Netralitas

JATIBARANG,(Fokuspantura.com),- Panitia Pemilihan Kuwu Desa Jatibarang Baru ( Panitia 9-red) Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu, telah melakukan berbagi persiapan, untuk melaksanakan tahapan Pemilihan Kuwu (Pilwu) serentak 2021 pasca dilantik, salah satunya menggelar rapat yang mengacu pada Peraturan Bupati Nomor 64.A Tahun 2020 di Kantor Desa Jatibarang Barum Rabu(10/2/2021).

Ketua Panitia Pemilihan Kuwu Desa Jatibarang Baru Moh. Yahya, mengatakan, pihaknya akan mentaati berbagai hal yang terkait tahapan tahapan proses pemilihan kuwu yang sudah tertuang dalam Perbub Nomor 64.A Tahun 2020.

Dijelaskannya, digelarnya rapat perdana merupakan langkah awal teamnya untuk mempersiapkan langkah apa saja yang akan dijalankannya. Yang sangat mendasar adalah sikap atau sepak terjang jajaran Panitia Pemilihan Kuwu  yang wajib dan harus bener – benar netral. Dengan diartikan tidak diperkenankan panitia 9 ikut dalam ranah politik ditingkat desa tersebut.

“Ini sudah menjadi acuan yang sangat kuat, panitia 9 tidak diperbolehkan ikut dalam kancah politik ditingkat desa, apalagi ikut mensosialisasikan atau mengkampanyekan salah satu calon kuwu,”tegas Moh Yahya.

Yahya menegaskan, terbentuknya Jajaran Panitia 9 yang notabene berdasarkan hasil rumusan baik oleh Jajaran BPD, Pj Kuwu serta para Ketua RW dan RT tersebut, hendaknya dijadikan sebagai dasar kekuatan panitia 9 untuk mampu melaksanakan tugas dan fungsinya dengan benar.

“Kita ini terpilih menjadi Panitia 9 karena rumusan yang berdasarkan persetujuan dari masing masing Ketua RW dan RT yang disepakati oleh Pengurus BPD.  Jadi hendaknya, jaga amanah ini dengan baik demi terlaksananya Penyelenggaraan Pemilihan Kuwu dengan lancar tanpa ekses,”ujarnya.

Yahya menambahkan, terkait pembahasan pada agenda rapat perdananya yang digelarnya ada beberapa point yang sangat penting untuk dijalankan. Khsusunya pada Sie Pencacahan agar dipersiapkan pendataan nama nama masyarakat yang sudah mempunyai hak pilih bekerjasama dengan para pengurus RW dan RT.  

Perlu diberitahukan juga kepada para pengurus RW dan RT, bahwa masyarakat yang mempunyai hak pilih diwajibkan memiliki KTP domisili agar pada saat pendataan hingga pelaksanaan pencoblosan tidak ada yang terlewat.

“Ini tahapan awal yang harus disikapi, agar pada pelaksanaannya tidak ada masyarakat pemilih yang terlewat tidak mempunyai hak suara,”ungkapnya.

Ia berharap, kepada panitia 9 yang sudah menduduki porsinya masing-masing hendaknya saling bekerjasama, tidak memilah pada bidang yang diembannya karena semua bidang memiliki tanggung jawab yang sama.

“Mari kita jalankan tugas ini dengan saling bergotong royong sehingga seberat atau serumit apapun tugasnya kalau dipikul bersama-sama menjadi ringan.” Tuturnya.

Ia memohon dukungan dari seluruh unsur masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, para sesepuh agar dapat menjalankan tugas Panpilwu dengan baik. Tentunya tak lepas bimbingan dari BPD, Unsur Pemerintahan Desa, Unsur Pemerintahan Kecamatan.

Pihaknya juga mengajak kepada seluruh masyarakat Desa Jatibarang Baru untuk memberikan hak pilihnya dengan datang ke TPS yang sudah ditetapkan. Yahya juga menghimbau, siapapun kuwu yang akan terpilih masyarakat harus tetap akur, membaur demi Jatibarang Baru tetap makmur.  

Hadir dalam rapat perdana tersebut, Wakil Ketua Jujun Juhanda, Sekretaris Sugianto, Sie Pencacahan Dian Hadiansyah, Sie Logistik Wahyudi, Sie Pendaftaran Khaerul Nazar, Sie Pemungutan Suara Iwan Arsyad, Sie Humas Fuad Hasim dan Sie Keamanan A. Zaki Septian, Wakil Ketua BPD Ogan Sugandi, dan Pj Kuwu Desa Jatibarang Baru, Amin.


Redaktur: Ihsan Mahfudz
Penulis: Jujun Juhanda
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive