PolitikDampak Cuaca Hujan Partisipasi Pemilih Berpotensi Menurun

Dampak Cuaca Hujan Partisipasi Pemilih Berpotensi Menurun

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Indramayu pada 9 Desember 2020 yang tinggal menunggu hari, menjadi keseriusan penyelenggara pemilu untuk ekstra antisipasi guna target peningkatan partisipasi pemilih.

Curah hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Indramayu selama dua hari ini, dapat dijadikan analisa serius untuk dilakukan pemetaan lokasi TPS mana saja yang rawan banjir. Namun tidak hanya kesiapan TPS, peran serta pemilih akibat cuaca hujan menjadi perhatian serius semua pihak.

Komisioner KPU Indramayu, Dewi Nurmalasari, mengungkapkan, saat ini pihaknya sedang melakukan pemetaan terhadap potensi lokasi pemungutan suara yang terdampak banjir akibat cuaca memaski musim penghujan jelang pelaksanaan pemungutan suara.

Bentuk upaya penyelenggara pemilu saat ini adalah meminta laporan dari PPS dan PPK terkait wilayah – wilayah yang berpotensi banjir dan harus dilakukan langkah antisipasi sebagai laporan kepada KPU Jawa Barat.

“Saat ini kita sedang mencoba menginventarisir TPS mana saja yang terkena banjir,” kata Dewi saat dihubungi Fokuspantura.com,Senin(7/12/2020).

Menurutnya, potensi yang memungkinkan lokasi pemungutan suara terkena banjir adalah diwilayah pesisir pantai, mengingat saat ini air pasang laut sudah mulai melanda kawasan pantai tersebut. Tetapi tidak menutup kemungkinan, jika kondisi cuaca hujan dalam dua hari kedepan, maka pihaknya akan melakukan langkah – langkah antisipasi.

“Penundaan pemungutan suara belum, tapi kemungkinan TPS tersebut bergeser lokasi,” tuturnya.

Disoal tentang tingkat partisipasi pemilih akan berpengaruh pada cuaca terkini menurun, pihaknya masih meyakini hal itu tidak terjadi, mengingat sebelumnya penyelenggara pemilu sudah melakukan langkah – langkah preventif.

“Harus optimis partisipasi pemilih meningkat sesuai target,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Indramayu, Nurhadi, berpandangan berbeda dengan cuaca hujan yang mengguyur wilayah Indramayu selama dua hari ini, menjadi keprihatinan penyelenggara pemilu, terutama dengan situasi dan cuaca yang tidak menentu serta tidak bisa dikendalikan secara teknis, maka sangat berdampak pada angka partisipasi pemilih menurun.

“ Angka partisipasi dimungkinkan turun drastis, memperhatikan situasi cuaca yang gak tentu,” kata Nurhadi.

Ia mengingatkan kepada KPU Indramayu, agar segera melakukan pemetaan wilayah untuk kemungkinan hal terburuk terjadi diluar kemampuan teknis dan sangat berdampak pada integritas penyelenggara pemilu, bahkan sangat memungkinkan di lokasi TPS yang terdampak banjir, bisa dimungkinkan penundaan pemungutan suara sesuai dengan ketentuan pasal 120 UU 6 tahun 2020.

“Kalau ada dibeberapa wilayah yang terganggu banjir, maka dimungkinkan penundaan pemungutan suara,” tuturnya.

ads

Baca Juga
Related

Fraksi PKB Tanggapi Nota Penghantaran LKPJ Bupati Indramayu Tahun 2022

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati merupakan laporan keterangan...

Selangkah Pasti Supendi Bupati Indramayu

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Sinyal dan respon positif Menteri Dalam Negeri(Mendagri) Tjahyo...

Ratusan Warga Kecamatan Jatibarang Serbu Vaksinasi

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Sebagai upaya penanggulangan dan pencegahan Covid-19, Kodim 0616...

AKBP Hafidz Susilo Herlambang Resmi Jabat Kapolres Indramayu

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Mantan Kapolres Barito Timur (Bartim), AKBP. Hafidh Susilo...
- Advertisement -

FokusUpdate

Popular

Mau copas berita, silahkan izin dulu
Mau copas berita, silahkan izin dulu