Komisi 1 DPRD Indramayu Gelar Sosialisasi Perda Pilwu

Komisi 1 DPRD Indramayu Gelar Sosialisasi Perda Pilwu

JATIBARANG,(Fokuspantura.com),- Anggota DPRD Indramayu dari berbagai Daerah Pemilihan (Dapil) menggelar sosialisasi Peraturan Daerah No 5 Tahun 2017 tentang penyelenggaraan Pilwu serentak Indramayu 2 Juni 2021 mendatang. Pelaksanaan sosialisasi Perda Pilwu digelar secara serantak selama tiga hari, hal itu dilakukan guna menyerap berbagai persoalan yang timbul selama tahapan Pilwu berlangsung.

Kegiatan sosialisasi yang berlangsung di Aula kantor Kecamatan Jatibarang Kab. Indramayu, Kamis (18/3/2021) ini dihadiri langsung oleh Anggota Komisi 1 DPRD Kabupaten Indramayu, Muhaemin, Sandi Jaya Pasa, Camat Jatibarang Indra Mulyana, Kapolsek Jatibarang AKP Alka Nurani, Danramil Jatibarang Kapten Kav. Sugiyanto, Panpilwu se Kec. Jatibarang, Pj Kuwu serta unsur BPD.

Dalam sosialisasinya, Sekretaris Komisi 1 DPRD Indramayu, Muhaemin, mengatakan, potensi terjadinya konflik dimasyarakat harus diantisiasi sedini mungkin dan tidak boleh dibiarkan membesar. Oleh karenanya dia berharap kepada Panpilwu harus mampu bekerja sesuai dengan tupoksinya serta mengedepankan tahapan tahapan yang tertuang dalam Perda No 5 tahun 2017.

“Panpilwu harus bekerja sesuai tupoksinya, bersikap netral, juga mengacu baik pada Perda maupun Perbup,”kata Muhaemin.

Ia menegaskan, pencegahan potensi konflik dapat dilakukan melalui rembug desa jika potensi tersebut ditingkat desa. Oleh karenanya, pihaknya menghimbau agar kinerja Panpilwu tidak lepas berkoordinasi dengan jajaran BPD maupun Pj Kuwu di desanya masing-masing.

“BPD dan Pj Kuwu dan juga Panpilwu harus bersama-sama mensukseskan Pilwu, tentunya ketiga piont inilah harus saling bersinergi guna suksesnya  Pilwu serentak di Indramayu salah satunya di sebelas desa se Kec. Jatibarang,”paparnya.

Disisi lain, masih belum cairnya anggaran pelaksanaan Pilwu di 171 desa penyelenggara Pilwu, Muhaemin mengatakan, pihaknya sudah berkordinasi baik dengan DPMD maupun Pemerintah Kabupaten Indramayu.

Pihaknya optimis pada bulan Maret 2021 ini, dana untuk penyelanggaraan Pilwu akan cair, namun sesuai tahapan, artinya pencairan dana Pilwu akan disatukan dengan dana ADD dan DD dari masing – masing desa.

“Proses pencairan dana untuk Pilwu akan disatukan dengan proses pencairan dana desa, Insya Allah pada bulan Maret ini, proinsipnya ketika dana tersebut sudah cair masuk rek desa, maka panpilwu bisa mengajukan ke Pemerintah Desa sesuai tahapan penggunaannya,”tegasnya.

Sementara itu, Camat Jatibarang, Indra Mulyana memaparkan, proses tahapan pelaksanaan Pilwu yang ada di wilayahnya berjalan dengan baik. Ada 11 desa di wilayahnya yang akan menggelar Pilwu diantaranya, Desa Pilangsari, Desa Sukalila, Desa Jatibarang Baru, Desa Bulak Lor, Desa Bulak Kidul, Desa Kebulen, Desa Jatisawit, Desa Jatisawit Lor, Desa Krasak, Desa Kalimati, dan Desa Malangsemirang.

“Alhamdulillah Pak Dewan, mengenai proses pelaksanaan pilwu di Kecamatan Jatibarang sejak bulan Februari hingga pada tahapan penutupan pendaftaran bacalwu berjalan dengan baik sesuai dengan tahapan yang tentunya mengacu baik pada Perbup maupun Perda,”kata Camat.

Diakuinya bahwa selama tahapan pilwu pihaknya tidak akan putus untuk selalu menjalankan koordinasi dengan Panpilwu yang sudah menjadi tanggung jawab Panitia Pilwu ditingkat Kecamatan.

"Kami optimis untuk penyelenggaraan Pilwu di wilayahnya akan berjalan dengan kondusif. Pemerintah Kecamatan akan terus melakukan pemantauan dengan jajaran Muspika guna mensukseskannya Pilwu,"paparnya.       


Redaktur: Ihsan Mahfudz
Penulis: Jujun Juhanda
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive