Kasan Basari Perjuangkan APBD 2021 Sektor Pertanian

Kasan Basari Perjuangkan APBD 2021 Sektor Pertanian
INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Kondisi infrastruktur pertanian di wilayah Kabupaten Indramayu saat ini harus mendapat perhatian serius dari Pemerintah Propinsi Jawa Barat. Pasalnya, keberadaan beberapa irigasi pertanian guna menopang kebutuhan pasokan air untuk sekitar 170 ribu hektar dalam kondisi kurang baik.
 
Anggota Komisi IV DPRD Propinsi Jawa Barat, Kasan Basari, mengungkapkan, APBD Propinsi Jawa Barat, harus memberikan kontribusi kepada Kabupaten Indramayu sebagai daerah pensuplai pangan terbesar nasional, melalui kebijakan anggaran yang berpihak kepada sektor pertanian.
 
Bentuk kontribusi yang sedang diperjuangkan saat ini adalah bagaimana APBD Jawa Barat, dapat memberikan perhatian untuk memulihkan kondisi infrastruktur pertanian di Kabupaten Indramayu iyang saat ini kondisinya sangat memprihatinkan.
 
" Areal persawahan  di Kabupaten Indramayu saat ini butuh irigasi yang konsisten mengairi sawah, sementara kondisinya sudah banyak yang perlu di perbaiki," kata Kasan kepada awak media, Sabtu,(7/11/2020).
 
Dalam rapat  pembahasan RAPBD 2021 di Komisi 2, ia menyampaikan, agar lahan pertanian di Kabupaten Indramayu dapat teraliri air dari irigasi secara normal, baik tata kelola air maupun suplai dari sumber mata air yang memadai. Namun upaya itu, perlu didukung dengan kondisi infrastruktur irigasi pertanian yang stabil serta SDM yang dikelola secara baik dan benar.
 
Sehingga, target pencapaian Kabupaten Indramayu dalam mempertahankan daerah lumbung pangan nasional tetap menjadi andalan Jawa Barat,.melalui sentuhan dan perhatian Pemprov Jabar.
 
" Saat ini Indramayu butuh sentuhan dan perhatian Pemprov Jabar terutama menyangkut kondisi Daerah Irigasi yang menjadi pendukung utama sektor pertanian," terang Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Indramayu ini.
 
Ia meyakini, jika kondisi seluruh infrastruktur pertanian di Kabupaten Indramayu dalam kondisi baik, tata kelola air juga dilakukan secara tepat sasaran maka peluang Indramayu sebagai  penopang ketahanan pangan nasional dapat terjaga dan berkesinambungan.
 
"Apalagi untuk APBD tahun 2021 di pokuskan pada kegiatan - kegiatan  refokusing 2020, namun untuk fisik fokus ke sarana pemenuhan penunjang program pemulihan ekonomi salah satunya sektor pertanian," pungkasnya.

Redaktur: Ihsan Mahfudz
Penulis: Ihsan Mahfudz
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive