Agro Wisata Situ Bolang Butuh Sentuhan Pemprov Jabar

Agro Wisata Situ Bolang Butuh Sentuhan Pemprov Jabar

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Keberadaan Wisata Agro Mania Situ Bolang, Desa Jatisura, Kecamatan Cikedung, Kabupaten Indramayu Jawa Barat, butuh sentuhan Pemerintah Propinsi (Pemporv) Jawa Barat. Pasalnya destinasi obyek wisata yang sudah mendapat pengakuan dari masyarakat wilayah 3 Cirebon ini, kondisinya memprihatinkan karena belum didukung oleh sarana dan prasara memadai.

Anggota Komisi 4 DPRD Propinsi Jawa Barat, Eryani Sulam, mengatakan, keberadaan Obyek Wisata Situ Bolang, saat ini harus mendapat perhatian serius dari Pemprov Jabar sebagai salah satu destinasi wisata yang sedang menggeliar dan berkembang di wilayah 3 Cirebon, seiring dengan meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan.

Politisi Partai Nasdem ini, hadir ditengah – tengah masyarakat dan pengelola wisata Agro Mania Situbolang, untuk mengetahui secara jelas, kondisi sarana dan prasarana pendukung kawasan wisata untuk diperjuangkan dalam pandangan fraksi pasca dirinya menggelar Reses Anggota DPRD Jabar tahun 2020.

“Secara alamiyah, sekarang ini tumbuh dan berkembang baik disebelah timur maupun barat, Agro Mania Wisata Bolang yang sudah mendapat respon dari masyarakat wilayah 3 Cirebon, maka saya datang disini untuk mendengarkan aspirasi terkait pariwisata,” katanya disela – sela acara Reses.

Ia mendengar, jika sebelumnya Pemkab Indramayu juga pernah mencanangkan Agro Wisata Rawa Bolang menjadi destinasi wisata yang harus dikelola secara baik dan menjadi ikon wisata daerah, namun entah sampai sejauh mana konsep dan program pencanangan tersebut berjalan, mengingat kondisi infrastruktur pariwisata saat ini masih butuh sentuhan pemerintah baik daerah maupun regional.

Ia melihat, jika pengelola dan masyarakat di kawasan wisata tersebut, sangat membutuhkan perhatian pemerintah untuk bagaimana sarana dan prasarana terutama menyangkut akses masuk ke wisata tersebut sangat memadai. Dari hasil aspirasi yang diserap, warga masyarakat menginginkan agar dibuka akses masuk lewat Desa Jambak.

“Usulan masyarakat juga terkait pengembangan wisata, karena sarana dan prasaran belum memadai sekarang, seperti jalur baru akses masuk dari Desa Jambak sampai kesisni, tempat wisata anak dan pemanfaatan wisata air akan diperjuangkan,” terang Ketua DPD Partai Nasdem Indramayu ini.

Ia berharap, kehadirannya melalui momentum reses ini, dapat memberikan solusi postif bagi keberadaan destinasi wisata Situ Bolang yang saat ini perkembangan melalui grafik kunungan wisatawan meningkat drastis, maka dibutuhkan proteksi dan dukungan dari pemerintah.

Sementara itu Pengelola Agro Wisata Situ Bolang, Urip, mengatakan, keberadaan Agro Wisata Situ Bolang selain sebagai wahana rekreasi dan edukasi, diharapkan mampu menjadi pusat penelitian potensi hortikultura di Kabupaten Indramayu.

" Selama ini pengunjung sudah ramai, bahkan setiap bulan sudah banyak kelompok anak sekolah, mahasiswa, dan kelompok petani dari Jawa, Kalimantan, dan Bali berdatangan ke Agro Wisata Situ Bolang," katanya.


Redaktur: Ihsan Mahfudz
Penulis: Jaya Mulya
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive