Tabrak TB Pioner, 17 ABK Barokah Jaya Belum Ditemukan

INDRAMAYU, (Fokuspantura.com),- Kecelakaan laut KM Barokah Jaya dengan Kapal MV Habco Pioner di sekitar laut utara 50 mil dari perairan Karangsong, Indramayu, Jawa Barat, sekitar pukul 16.45 wib, menyebabkan 17 anak buah kapal (ABK) belum ditemukan, Sabtu, (3/4/2021).

Informasi yang diterima, kejadian tersebut terungkap saat operator Vessel Traffic Service (VTS) Cirebon Edo, menerima kabar dari telpon satelit jika telah terjadi kecelakaan laut antara KM Barokah Jaya dengan Kapal MV Habco Pioner. Pada saat kejadian tabrakan, KM Barokah Jaya ada sekitar 32 ABK turut serta dalam penangkapan ikan kapal nelayan 29 groos ton (GT) milik H Tohir warga Eretan Wetan Kecamatan Kandanghaur. Selain pemilik kapal, H. Tohir juga menjadi Nakhoda KM Barokah Jaya.

Kapolres Indramayu, AKBP Hafidh S Herlambang melalui Kasat Polair Polres Indramayu, AKP Tokhari, membenarkan kejadian tersebut. Ia menyebutkan jika kecelakaan laut tersebut terjadi pada jarak 50 mil perairan Karangsong, Indramayu, Jawa Barat.

"Kami sudah kordinasi dengan Polairud Polda Jabar dan Mabes Polri. Sampai saat ini kordinasi masih terus dilakukan dengan para pihak," tuturnya saat dikonfirmasi media.

Sementara itu,Komandan Kapal Pol. VIII-1006 Dit Polairud Polda Jabar Pangkalan kapal Patroli Eretan-Indramayu, Bripka Mas udin, mengatakan, kejadian kecelakaan laut antara KM Barokah Jaya menabrak TB PIONER pada kawasan Pulau Biawak 50 mil dari perairan Karangsong Indramayu.

KM Barokah Jaya dengan crew kapal berjumlah 32 orang berangkat dari pelabuhan perikanan eretan pada hari Jumat tanggal 2 April 2021 sampai kejadian tersebut di atas bahwa korban yang dapat di selamatkan 15 orang hasil evakuasi ke kapal TB. Pioner, sementara 17 ABK lainnya hilang belum diketemukan.

"Langkah selanjutnya, kami telah berkoordinasi dengan menginfokan ke Basarnas Cirebon, Basarnas Bandung, Basarnas Pusat, KSOP Cirebon, Polairud Cirebon, Lanal Cirebon dan Kakel Telkompel. Alhamdulillah sudah diterima dengan baik, tinggal menunggu tindak lanjut selanjutnya, sambil terus berkomunikasi dengan kapal MV. Habco Pioneer,"tuturnya. 


Redaktur: Ihsan Mahfudz
Penulis: Robi Cahyadi
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive