Tiga Perkara Kejari Indramayu, Satu Kasus Korupsi Embung Naik Penuntutan

Tiga Perkara Kejari Indramayu, Satu Kasus Korupsi Embung Naik Penuntutan

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Kejaksaan Negeri (Kejari) Indramayu, ahirnya buka suara ihwal tiga perkara penanganan korupsi yang sebelumnya hanya terpasang di spanduk Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) tahun 2020.

Kepala Seksi Pidana Khusus Kejari Indramayu, Iyus Zatnika, mengatakan, penanganan perkara korupsi selama tahun 2020 ini, pihaknya sudah melakukan pendalaman atas tiga kasus diantaranya penyelidikan 7 obyek wisata, penyelidikan dugaan korupsi pembangunan Gazibo dan pembangunan embung Dinas Pertanian Kabupaten Indramayu.

Menurutnya, dari tiga perkara yang didalami, satu diantaranya adalah sudah menetapkan tersangka yakni pejabat Dinas Pertanian Kabupaten Indramayu, iniasila J yang perkaranya sudah hampir selesai pada tahap lanjutan penuntutan ke Pengadilan Negeri Indramayu.

"Untuk kasus pembangunan embung Dinas Pertanian sudah naik ke tahap 2 dan akan diajukan ke penuntutan," kata Iyus dikantornya baru - baru ini.

Modus yang dilakukan tersangka dalam kasus korupsi pembangunan embung tersebut adalah pekerjaan yang seharusnya dilaksanakan pada tahun ini, sudah dilaksanakan tahun sebelumnya dan pelaku telah melakukan rekayasa atas inisiatif sendiri tanpa persetujuan pimpinan.

"Ada sekitar 30 titik pembangunan embung tidak sesuai ketentuan dan nilainya miliaran rupiah," paparnya.

Terkait dengan dua kasus Dinas Kebudayaan dan Pariwisata yakni tujuh obyek wisata dan pembangunan Gazibo, pihaknya masih menunggu hasil ahir audit BPKP, apakah kasus tersebut terdapat kerugian negara atau ditemukan fakta lain.

Menurutnya, sepanjang hasil audit BPKP memutus jika tujuh obyek wisata dan pembangunan Gazibo tersebut ditemukan ada kerugian negara, maka pihaknya akan menaikkan status tahap selanjutnya.

"Untuk dua kasus itu, kami masih menunggu pihak BPKP seperti apa hasilnya,"terang Iyus.


Redaktur: Ihsan Mahfudz
Penulis: Ihsan Mahfudz
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive