Fokus NewsRegionalPuluhan Pejabat Pengawas Kabupaten Indramayu Belajar Layanan Publik di Pemkab Tegal

Puluhan Pejabat Pengawas Kabupaten Indramayu Belajar Layanan Publik di Pemkab Tegal

SLAWI, (Fokuspantura.com), – Sebanyak 30 orang peserta Studi Lapangan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) dari Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat belajar tentang pelayanan publik di Pemkab Tegal. Kedatangan pejabat pengawas dari kabupaten produsen beras terbesar di Indonesia ini diterima oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal Widodo Joko Mulyono di Gedung Dadali, Kamis (08/04/2021).
 
Lewat sambutannya, Joko memaparkan kondisi umum dan program unggulan pembangunan jangka menengah Kabupaten Tegal 2019-2024. Joko mengungkapkan, jika pandemi Covid-19 telah berdampak pada kondisi perekonomian Kabupaten Tegal tahun 2020 yang tumbuh negatif 1,46 persen.
 
Penurunan ekonomi tersebut, lanjut Joko, masih lebih baik ketimbang rata-rata Provinsi Jawa Tengah yang mengalami pertumbuhan minus 2,65 persen dan rata-rata nasional di minus 2,07 persen.
 
“Lesunya perekonomian akibat pembatasan aktifitas sosial ini mendorong arah kebijakan pembangunan Kabupaten Tegal ke depan berfokus pada pemulihan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, termasuk perluasan lapangan kerja untuk menekan angka pengangguran,” kata Joko.
 
Di bidang kesejahteraan sosial, Program Three J masih menjadi unggulan Pemkab Tegal. Program jaminan sosial ini terdiri dari jaminan rumah, jaminan kesehatan, dan jaminan hidup untuk warga miskin yang tidak terlayani pendanaan bansos pemerintah pusat maupun provinsi.
 
Pada bidang pendidikan, pihaknya juga terus mengupayakan pencegahan anak putus sekolah. Melalui Program Yuh Sekolah Maning diharapkan, potensi anak putus sekolah selama pandemi Covid-19 bisa ditekan serendah mungkin. Sementara di bidang kesehatan, Joko mengungkapkan capaian keberhasilan Program Daerah Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Desa Mandiri melalui pembangunan jamban keluarga yang menghantarkan Pemkab Tegal meraih STBM Award Berkelanjutan 2020 dari Kementerian Kesehatan RI.
 
Sementara itu, Perwakilan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Barat Yunita menyampaikan apresiasinya kepada Kabupaten Tegal. Menurutnya, meskipun dihadapkan pada situasi pandemi, Kabupaten Tegal tetap dapat meraih berbagai penghargaan.
ads

Baca Juga
Related

Dandim Fikri Ferdian: Jaga Perdamaian dan Persatuan

PERINGATI. Apel Bersama antara TNI- POLRI di Subang hari...

Ono Surono Intruksikan Kader PDI Perjuangan Kawal Indramayu Bermartabat

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Provinsi Jawa...

Bupati Kuningan Setujui Program DPMPTSP

KUNINGAN,(Fokuspantura.com),- Kalimat kemitraan itu terdengar indah, namun jauh lebih...

PKB Umumkan 10 Bacabup, DMS Batal Daftar

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Tim Penjaringan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati...
- Advertisement -

FokusUpdate

Popular

Mau copas berita, silahkan izin dulu
Mau copas berita, silahkan izin dulu