Sungai Cipunegara Kembali Masuk Level Waspada

Sungai Cipunegara Kembali Masuk Level Waspada

INDRAMAYU, (Fokuspantura.com),- Pasca banjir yang melanda wilayah Kecamatan Haurgeulis, pekan lalu, dimana aktifitas warga sudah normal kembali. Saat ini kondisi sungai yang berada di perbatasan Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Subang, kembali masuk level waspada, dengan begitu potensi luapan air dimunkinkan akan terulang kembali, sementara perbaikan tanggul jebol masih belum rampung.

Camat Haurgeulis, Rory Firmansyah, mengatakan, pasca banjir yang terjadi pada pekan lalu pihaknya terus memonitor kondisi perkembangan elevansi sungai Cipunegara dan hingga kemarin terjadi kenaikan permukaan air hingga masuk dilevel dengan katagori awas dan menghimbau kepada masyarakat khusunya yang berda di DAS Cipunegara agar tetap waspada.

"Hingga kemarin permukaan air di Sungai Cipunegara berada di level awas, alhamdulillah hari ini mulai turun kembali," ujarnya ketika dikonfirmasi Fokuspantura.com, Senin (22/2/2021),

Menyinggung tentang tanggul sungai Cipunegara yang sebelumnya jebol, Rory mengatakan, pihak Balai Besar Wilayah Sungai Citarum (BBWSC) saat ini tengah melakukan perbaikan tanggul mulai dari bagian yang jebol hingga bagian tanggul lainnya yang posisinya menghawatirkan.

"Tanggul yang jebol sedang dalam pelaksanaan perbaikan, namun begitu kami tetap memantau kondisi sungai guna menjaga kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi karena musim penghujan tahun ini masih belum tuntas," ungkapnya.

Terpisah, Kasie Kedaruratan BPBD Kabupaten Indramayu, melalui pesan WA membenarkan adanya kenaikan permukaan air di sungai Cipunegara, atas kondisi tersebut pihaknya terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak agar kemungkinan sekecil apapun tetap terpantau, selain itu pihaknya tetap melakukan assesment guna mempersiapkan instrument penanggulangan bencana untuk wilayah tersebut.

"Kami pantau terus kondisi sungai Cipunegara berikut DAS nya dengan melakukan koordinasi ke pihak terkait serta menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada," terangnya.


Redaktur: Ihsan Mahfudz
Penulis: Robi Cahyadi
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive