Sambut Hari Sumpah Pemuda, Yayasan Basupati dan Go Green Tanam Sejuta Pohon Mangga

Sambut Hari Sumpah Pemuda, Yayasan Basupati dan Go Green Tanam Sejuta Pohon Mangga
BONGAS, (Fokuspantura.com),- Global Warming (pemanasan global-red)  masih menjadi permasalahan serius dunia, dimana tercatat 9 dari 10 orang didunia terpapar polutan yang disebabkan aktivitas alih fungsi lahan. Sehingga perlu segera disolusikan.
 
Atas dasar itu Non Goverment Organiasation (NGO) berskala international yakni Go Green, mengambil langkah pelestarian lingkungan dengan mewujudkan kembali paru-paru dunia dengan melakukan penghijauan di muka bumi, yang kemudian disambut baik Yayasan Basupati Indramayu bekerjasam dengan Go Green Citra Nusantara guna mengusung program penanaman sejuta pohon mangga yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Indramayu, sekaligus menyambut Hari Sumpah Pemuda ke 92 tahun 2020.
 
"Hari ini menanam pohon mangga, lima, sepuluh tahun yang akan datang siapapun akan merasakan hasilnya, " ujar Ketua Go Green Citra Nusantara,  H.Jatmiko, pada acara lounching penanaman sejuta pohon mangga, yang dihadiri Jajaran Muspika Bongas,  sejumlah komunitas remaja,  para tokoh masyarakat dan Pokja Go Green Indramayu, bertempat di sekretariat Yayasan Basupati Indramayu,  Desa/Kecamatan Bongas Kabupaten Indramayu,  Selasa (27/9/2020).
 
Jatmiko mengatakan,  kegiatan ini merupakan agenda penting menyambut Hari Sumpah Pemuda ke 92 tahun 2020, dimana pada moment bersejarah ini pihaknya bekerjasama dengan Yayasan Basupati untuk melakukan langkah positif dalam rangka menjaga kelestarian alam dengan melakukan penghijauan dengan cara menanam pohon disemua titik baik lahan pribadi maupun fasilitas umum serta bahu jalan,  dimana manfaatnya akan dirasakan oleh semua warga, adapun pemilihan jenis pohon yang ditanam disesuaikan dengan kecocokan kondisi lahan atau jenis tanaman lokal yang biasa dijadikan icon bagi daerah, salah satunya mangga. 
 
"Kami pilih pohon mangga,  karena selain merupakan tanaman konservatif Indramayu,  pohon mangga memiliki nilai investasi yang cukup menjanjikan dimasa depan, " terangnya. 
 
Ditempat yang sama,  Ketua Yayasan Basupati Indramayu,  Erwin Winardo,  mengatakan,  maksud dan tujuan dari program penanaman sejuta pohon mangga tersebut adalah mewujudkan Kabupaten Indramayu yang indah,  lestari dan sehat, dengan mendorong peningkatan taraf ekonomi warga berbasis hasil alam, pertanian dan perkebunan mangga,  sehingga akan menumbuhkan rasa kebanggaan terhadap Kabupaten Indramayu dengan symbol kebanggan kota mangga yakni sebagai salah satu daerah penghasil mangga terbaik di Indonesia, namun selain itu melalui program tersebut Yayasan Basupati telah mengambil langkah serius dalam upaya pelestarian lingkungan. 
 
"Langka pelestarian lingkungan tersebut kami upayakan melaui kegiatan penanaman sejuta pohon mangga yang digagas Yayasan Basupati bekerjasama dengan Go Green, " ungkapnya. 

Redaktur: Ihsan Mahfudz
Penulis: Robi Cahyadi
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive