SD Unggulan Muhammadiyah Patrol Kembangkan Program Teknologi Informatika dan Robotik

SD Unggulan Muhammadiyah Patrol Kembangkan Program Teknologi Informatika dan Robotik
INDRAMAYU, (Fokuspantura.com),- SD Unggulan Muhammadiyah (SD UM) Patrol, kembali meluncurkan program inovasi pendidikan dalam hal penguatan keterampilan pelajar. Setelah suskses dengan program unggulan hafalan Al Qur'an atau tahfidzul qur'an dan penguatan bahasa asing yakni bahasa arab serta bahasa inggris, dengan diraihnya prestasi juara di beberapa event lomba, baik ditingkal daerah hingga internasional. Kini civitas akademik yang berkedudukan di Desa Patrol Lor Kecamatan Patrol Kabupaten Indramayu tersebut, menetapkan konsep baru untuk kegiatan ekatrakurikuler yakni Teknoligi Informatika (TI) dan Robotic.
 
 
Keseriusan tenaga pendidik SD UM Patrol tersebut diawali dengan penanda tanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Kepala Sekolah SD UM Patrol dengan Lembaga Pelatihan CDI Training Center Jakarta, pada 11 Maret 2021 lalu, adapun luncuran program tersebut akan diberikan kepada pelajar yang duduk di bangku kelas V dan VI.
 
 
Kepala Sekolah SD UM Patrol, Indra Mahendra, mengatakan, penambahan program ekstrakurikuler dibidang TI dan Robotic adalah  dalam rangka mempersiapkan pelajar guna menyongsong revolusi industri di era 4.0 dimana operasional kegiatan berbasis digital, dengan begitu maka SD UM Patrol mempersiapkan sedini mungkin untuk menjawab tangan global dengan menciptakan peserta didik yang inivati, bukan hanya menguasai materi akademik saja melainkan mangimplementaikan kemampuan berbahasa serta ketrampilan berbasis teknologi.
 
 
"Pengembangan eskul TI dan Robotic dimaksudkan agar siswa-siswi SD Unggulan Muhammadiyah Patrol dapat menguasai teknologi robotik dan mampu membuat berbagai inovasi kreatif dengan memanfaatkan skill teknologi yang telah dikuasainya untuk meningkatkan kemampuan dan sumberdaya manusia sehingga peseta didik dapat bersaing secara global," ujarnya. 
 
 
Indra juga mangatakan, terkait manajemen pendidik dan kependidikan di SDUM Patrol, penyediaan Sumber Daya Manusia (SDM) di sekolahnya dikedepankan pada aspek profesionalisme dimana untuk tenaga pendidik pendidikan minimal adalah S1 linier pendidikan sekolah dasar dan untuk memenuhi kebutuhan manajemen, dirinya saat ini tengah mengikuti pendidikan pasca sarjana di salah satu Perguruan Tinggi ternama di wilayah Cirebon jurusan Fakultas Manajemen Pendidikan, sedangkan untuk fasilitas pelajar tersedia gedung dua lantai dengan jumlah peserta didik yang ada sebanyak 216 siwa denga steakholder civitas akademik sejumlah 30 personil yang terdiri dari Kepsek, guru dan staf administrasi serta driver kendaraan antar jemput siswa.
 
 
"Untuk menjaga kualitas akademik, tenaga pendidik di SDUM Patrol adalah para sarjana pendidikan linear sekolah dasar atau SPd.SD," ujar Mahasiswa Pasca Sarjana,  Institut Agama Islam Negeri (IAIN)  Syekh Nurjati Cirebon tersebut. 
 
 
Menyinggung tentang kesiapan sarana prasarana, sekolah yang bernaung pada Pengurus Cabang Muhammadiyah (PCM), kata Indra,  saat ini memiliki dua gedung dengan kapasitas 6 lokal di gedung l dan 9 lokal kelas di gedung ll, masing-masing terdiri dari dua lantai,  plus satu ruang perpustakaan,  sehingga guna menyongsong tahun ajaran 2021/2022 pihaknya sudah menyiapkan tiga lokal untuk tiga rombel siswa berikut tenaga pendidiknya. 
 
 
"Untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)  2021/2022, kami menyiapkan tiga lokal untuk tiga rombel termasuk tenaga pendidiknya, " kata Indra. 
 
 
Dia berharap,  pemerintah sudah membuka kelonggaran bagi sekolah untuk melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM)  sehingga penyelenggaraan pendidikan dapat lebih optimal termasuk penerapan program pendidikan unggulan yang disuguhkan SDUM Patrol baik yang sudah berjalan sebelumnya maupun yang saat ini sudah terkonsep seperti  program TI dan Robotik. 
 
 
"Kami berharap pada tahun ajaran 2021/2022 pemerintah mengeluarkan kebijakan bagi sekolah untuk melaksanakan PTM sehingga penyelenggaraan pendidikan dapat berlangsung optimal, " tandasnya. 

Redaktur: Ihsan Mahfudz
Penulis: Robi Cahyadi
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive