174 Siswa SMAN 1 Sindang Ikuti Sosialisasi SNMPTN

174 Siswa SMAN 1 Sindang Ikuti Sosialisasi SNMPTN

INDRAMAYU, (Fokuspantura.com),- Kepala SMA Negeri 1 Sindang, Sulkhin, mendukung dan terus berupaya mendorong agar seluruh anak didiknya dapat melanjutkan pendidikan lanjutan ke tingkat universitas dan perguruan tinggi negeri khususnya yang berada di wilayah Jabar.   

Hal itu disampaikan usai pemantauan kegiatan sosialisasi SNMPTN yang diikuti 174 siswa yang terdiri Jurusan IPA 166 siswa, Jurusan IPS 44 siswa dan Jurusan Bahasa sebanyak 44 siswa di Gedung IT sekolah tersebut, Rabu (16/2/2021).

Dari 174 siswanya yang ikut dalam SNMPTN tahun ini telah daftar dan tersebar di seluruh Perguruan Tinggi Negeri diantaranya UPI Bandung, ITB Bandung, IPB Bogor, UNSUD Purwokerto, UGM, BRAWIJAYA dan UNDIP Semarang.

“Dimanapun Perguruan Tinggi yang di incar oleh siswanya, Ini yang harus terus kami dukung dan mendorong seluruh siswanya agar bisa melanjutkan pendidikannya ke perguruan lebih tinggi, termasuk ke UPI karena UPI merupakan salah satu PTN yang masuk dalam kategori 10 besar terbaik di Indonesia,” tuturnya.

Dikatakannya, sebagai motivasi kepada siswa calon perserta SNMPTN tahun 2021, ia terus memotivasi kepada siswanya agar dapat mempersiapkan diri lebih baik menghadapi SNMPTN tahun ini. Ia berharap siswanya yang ikut dalam seleksi SNMPT ini bisa mengikuti jejak alumni SMAN 1 Sindang yang berprestasi.

Sulkhin menghimbau, para peserta seleksi SNMPTN disekolahnya perlu mengevaluasi diri dan menyesuaikannya pada pilihan Universitas sampai program studi yang akan dipilihnya nanti. Kuncinya ada pada persiapan dan pengenalan kemampuan diri secara jujur, jangan dipaksakan atau mengedepankan gengsi hingga akhirnya akan gagal dari tujuan yang ingin ditempuhnya.

“Evaluausi diri itu sangat penting, sesuaikan universitas sampai program studi yang dipilihnya, jangan kedepankan gengsi atau ikut ikutan teman yang akhirnya merugikan diri sendiri,”paparnya.

Dikatakanya, pada prinsipnya SMAN 1 Sindang Indramayu sangat mendukung upaya-upaya siswanya hingga lolos di perguruan tinggi yang diincarnya. SMAN 1 Sindang menargetkan 60 persen siswa kelas XII lulus Seleksi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2021. Guna tercapainya target tersebut, pihaknya mempersiapkan pelaksaanaan SNMPTN sematang mungkin.

Sulkhin menjelaskan, setelah mendapatkan intruksi dari pusat, sekolahnya langsung melakukan persiapan, dimulai dari pengisian data siswa sampai proses verifikasi nilai. “Sejak dikeluarkannya imbauan pengisian data siswa, kami langsung bereaksi untuk mendata siswa beserta nilai rapotnya. Kemudian siswa memverifikasi nilainya sendiri dan diberi akses untuk mendaftar di website SNMPTN,” ucapnya.

Ditambahkannya, meski pada penerimaan SNMPTN tahun ini ada perbedaan dengan penerimaan SNMPTN tahun sebelumnya, namun pihaknya optimis semangat siswanya untuk lolos SNMPTN pada tahun ini akan tercapai dari target yang diharapkan.

“Penerimaan SNMPTN tahun ini beda, siswa yang boleh ikut hanya siswa eligible yang artinya siswa yang memenuhi syarat baik syarat administrasi telah mengisi PDSS SNMPTN, serta dari segi prestasi dan nilai rapor termasuk terbaik di sekolahannya sehingga dapat mendaftar SNMPTN,’ujarnya.

Menurutnya, siswa eligible merupakan siswa yang dinyatakan layak mendaftar SNMPTN 2021. Daftar siswa eligible ini bisa dicek melalui situs web LTMPT atau situs web Kemendikbud.

SNMPTN 2021 tahun ini,”kata Sulkhin, memiliki persyaratan yang harus dipenuhi oleh sekolah dan siswa. Sekolah dengan akreditasi A, maka 40 persen siswa terbaik di sekolah dapat mendaftar, untuk akreditasi B, maka 25 persen terbaik di sekolahnya dapat mendaftar dan untuk akreditasi C dan lainnya, 5 peren terbaik di sekolahnya dapat mendaftar.  

“Insya Allah, syarat apapun yang harus dipersiapkan siswanya, saya bersama para tenaga pendidikan SMAN 1 Sindang selalu mendoakan yang terbaik untuk siswanya,”harapnya.


Redaktur: Ihsan Mahfudz
Penulis: Jujun Juhanda
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive