Fokus NewsRegionalBKD Indramayu Cairkan Dandes Tahap Tiga Sebesar Rp17,5 Miliar

BKD Indramayu Cairkan Dandes Tahap Tiga Sebesar Rp17,5 Miliar

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Indramayu sudah menerbitkan SP2D bantuan keuangan dana desa (Dandes) kepada 36 desa sebesar Rp17.595.131.500,00 per 1 Nopember 2019 ini.

Sekretaris Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Indramayu, Ahmad Syadali melalui Kasubag Keuangan selaku PPK SKPPKD BKD Kab. Indramayu, Ali Siswoyo mengatakan, realisasi pencairan dana desa (Dandes) dilakukan berdasarkan ketentuan Peraturan Bupati Indramayu nomor 54.2 tahun 2018 tentang tatacara penetapan besaran panyaluran dan penggunaan dana desa tahun 2019.

Dikatakannya, penyaluran pencairan DD tahun 2019 ini masih dengan  tiga tahap pencairan yakni tahap I sebesar 20 persen, tahap II sebesar 40 persen dan tahap III sebesar 40 persen. Dari 36 desa yang telah menerima Dana Desa lewat rekening desa masing-masing, dengan total pagu anggaran DD tahap 3 sebesar Rp148,8 miliar.

“Data ini masih terus bergerak, proses verifikasi terus berjalan, ditargetkan 10 Desember 2019, seluruh pencairan baik DD tahap 3 dan ADD tahap 2 sudah selesai,” katanya.

Disinggung mominal yang diterima setiap desa pada tahun 2019 ini tidak sama, tergantung dari luas wilayah dan jumlah penduduk, kendati demikian untuk pagi DD tahun 2019 ini mengalami kenaikan yakni Rp372.069.062.000,00 naik sekitar 60 miliar untuk Kabupaten Indramayu.

“Nominal pencairan DD di masing-masing desa berbeda, dilihat dari luas wilayah maupun jumlah penduduk dari desa yang bersangkutan, namun kisarannya sekitar 200 – 450 juta per desa untuk tahap 3 ini,” jelasnya.

Ia berharap, desa – desa yang sudah dicairkan segera dilaksanakan dengan sebaik-baiknya sesuai ketentuan dan petunjuk yang tertuang dalam Perbup dan APBDes, sehingga untuk menyusunan laporan hasil kegiatan dan usulan tahap berikutnya bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Ia menjelaskan, untuk dua desa yang sebelumnya bermasalah hukum, seperti Desa Tambak pencairan tahap 1 sudah selesai, saat ini masih proses pengadukan tahap 2 sudah masuk verifikasi tingkat kecamatan. Adapun untuk Desa Singajaya, pencairan DD tahap 1 dan 2 sudah selesai dilakukan dan saat ini masih dalam proses pengajuan tahap 3.

Sementara itu, data yang diperoleh Fokuspantura.com per 1 Nopember 2019 menyebutkan, 36 Desa yang sudah dicairkan  adalah Desa Rambatan Wetan, Desa Sudimampir Lor, Desa Kedokanbunder  Wetan, Desa Kedokan Agung, Desa Cangkingan, Desa Purwajaya, Desa Krangkeng, Desa Tanjakan, Desa Sukalila, Desa Bulak, Desa Malangsemirang, Desa Jambe, Desa Larangan Jambe, Desa Karanggetas, Desa Tegalgirang, Desa Rancasari, Desa Sukamulya, Desa Puntang, Desa Rajaiyang, Desa Pangkalan, Desa Curug, Desa Piranti, Desa Parean Girang, Desa Sidamulya, Desa Margamulya, Desa Kertanegara, Desa Bongas, Desa Cipaat, Desa Kertamulya, Desa Plawangan, Desa Kedungwungu, Desa Arjasari, Desa Limpas, Desa Wanakaya, Desa Haurkolot dan Desa Sidadadi.

ads

Baca Juga
Related

KPAI, Hardiknas dan Momentum Wujudkan Sekolah Ramah Anak

JAKARTA,(Fokuspantura.com),- Hari Pendidikan Nasional tahun 2018 ini, Komisi Perlindungan...

Perkada APBD Indramayu Tahun 2023 Ditetapkan Rp3,6 Triliun

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Bupati Indramayu, Nina Agustina, secara resmi mengeluarkan Peraturan...

Rakor Gakkumdu, Sinergi Panwas dan Penegak Hukum

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Rapat Kordinasi Sentra Gakkumdu Kabupaten Indramayu momentum satukan...

SMP Prakarya Anjatan Boyong Dua Tropy

ANJATAN,(Fokuspantura.com),- Tim Futsal Pura dan Putri SMP Prakarya Anjatan...
- Advertisement -

FokusUpdate

Popular

Mau copas berita, silahkan izin dulu
Mau copas berita, silahkan izin dulu