Program Pemprov Jabar Satu Desa Satu Perusahaan Terbukti

Program Pemprov Jabar Satu Desa Satu Perusahaan Terbukti
CIAMIS, (Fokuspantura.com),- Pemerintah Propinsi Jawa Barat uraikan program pembangunan desa dengan konsentrasi peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui konsep pemberdayaan masyarakat yang terangkum dalam program pemberdayaan, seperti yang disampaikan Pemprop Jabar kepada para Kepala Desa pada agenda kegiatan Jambore Desa (Jade) 2019 di Ciamis, pekan lalu.
 

Salah satu program pemberdayaan yang dinilai potensial untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa adalah program One Village One Company (OVOC). 

"Program satu desa satu perusahaan atau OVOC sangat potensial untuk mendongkrak kesejahteraan masyarakat," ungkap Kepala Desa Ujunggebang, Kusnanto, usai mengikuti kegiatan Jude 2019, kemarin.

Menurut Kepala Desa peraih peringkat ke lll pada Lomba Desa tingkat Propinsi Jabar 2019 ini, diantara beberapa program yang disampaikan Gubernur Jabar, OVOC dipandang bisa menumbuhkan perekonomian desa, namun begitu perlu dilakukan kajian yang lebih detail tentang jenis usaha yang perlu dikembangkan, adapun perusahaan yang bisa berupa pengembangan BUMDes ataupun membuat perusahaan baru sesuai jenis produk yang bisa dihasilkan masyarakat setempat.

"Program OVOC bukan hanya mendorong pendirian perusahaan didesa, Pemprop Jabar akan memfasilitasi pula tentang pamasaran produk dari perusahaan tersebut," terangnya.

Dia berharap program - program yang disampaikan Gubernur Jabar pada kegiatan Jade 2019 tersebut bukan hanya slogan politik saja melainkan menjadi konsep dasar untuk kemudian ditindak lanjuti berdasarkan skala prioritas dengan pertimbangan azas kerakyatan guna mendongkrak peningkatan perekonomian masyarakat untuk mewujudkan warga Jabar sejahtera.

"Sepanjang itu mengarah pada kesejahteraan masyarakat, Pemdes Ujunggebang akan menyambut baik segala bentuk luncuran program Gubernur Jabar, termasuk pendirian OVOC," pungkasnya.


Redaktur: Ihsan Mahfudz
Penulis: Ihsan Mahfudz
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive