Camat Balongan Kawal Gilir Giring Air Petani

Camat Balongan Kawal Gilir Giring Air Petani

BALONGAN,(Fokuspantura.com),- Memasuki musim tanam gadu 2019, keterbatasan cadangan dan pasokan air diwilayah Irigasi Darung, Kecamatan Balongan, menjadi perhatian para pemangku kebijakan strategis diwilayah tersebut. Menurunnya curah hujan menjadi penyebab berkurangnya pasokan distribusi air untuk lahan pertanian di sepuluh desa, mengharuskan Camat beserta para Kuwu di wilayah Kecamatan Balongan, mengawal perjalanan gilir giring akses air dari Induk Sindupraja masuk lewat pintu kliwed, menyusuri Darung 1 melewati wilayah Kecamatan Sliyeg dan sampai ke target tujuan wilayah lahan pertanian Kecamatan Balongan.

"Kami bersama para Kuwu se- Kecamatan Balongan telah mengawal gelontoran air untuk petani dari pintu Kliwed, DR 1 hingga DR 7," tutur Camat Balongan, Udi Mashudi kepada Fokuspantura.com, Minggu(3/6/2019) melalui pesan WhatsApp.

Proses gilir giring dilakukan berdasarkan surat dari Dinas PUPR melalui UPTD Pengairan Kertasemaya tentang jadwal gilir giring pengairan tanam gadu MT 2019/2020.

Pada ketentuan isi surat tersebut disebutkan,  proses gilir giring akan diberlakukan selama tiga hari. Air digelontorkan dari pintu DR 5 menuju kawasan lahan penyangga Pertamina dan Desa Majakerta. Pintu DR 6 distribusi air untuk wilayah Desa Tegalsembadra dan irigasi manggis.

Dengan kondisi pasokan air diwilayah Darung Rentang saat ini, akan mampu mencukupi suplai kebutuhan air bagi lahan sepuluh desa di Kecamatan Balongan.

"Kemarin kami juga sudah membahas jadwal gilir giring bersama masyarakat Jatibarang," imbuhnya.

Menurutnya, berkat kerjasama dari semua pihak, pergeseran air untuk petani sudah bisa mengalir sampai depan balai Desa Sukareja pada pukul 16.00 wib. Adapun untuk pemerataan distribusi telah disepakati buka tutup pintu dengan ketentuan Senin dan Selasa pukul 12.00 , digelontorkan untuk wilayah DR 6, 7, 8 dan 9 (Sukareja dan Sukaurip). Hari Selasa dan Rabu sampai pukul 12.00 wib, digelontorkan untuk wilayah DR 6 menuju TR sampai  Majakerta dan hari Rabu sampai Kamis pukul 12.00 wib, digelontorkan untuk wilayah DR 6 menuju irigasi manggis sampai Tegalurung.

"Semoga upaya kami bersama dapat dirasakan manfaatnya bagi seluruh petani di wilayah Kecamatan Balongan, sehingga musim tanam gadu dapat berjalan dengan baik," pungkas Udi.


Redaktur: Ihsan Mahfudz
Penulis: Ihsan Mahfudz
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive