LHKPN Beberkan Aset Kekayaan Empat Cabup Indramayu

LHKPN Beberkan Aset Kekayaan Empat Cabup Indramayu

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Empat Calon Bupati Indramayu, telah menyampaikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) sebagaimana diatur dalam Surat Edaran KPK No.07.1 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Penyampaian Laporan Harta Kekayaan dan Pemberian Tanda Terima dalam Proses Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota.

Pelaksanaan Pilkada Indramayu yang diikuti oleh empat Paslon tersebut, diperoleh dari data laman https://elhkpn.kpk.go.id/, terjadi perbedaan mencolok pada pundi-pundi kekayaan terlihat dua calon bupati yakni Nina Agustina dan Muhamad Sholihin. Nina yang berpasangan dengan aktor Lucky Hakim tercatat sebagai cabup paling tajir dengan total harta kekayaan senilai Rp 31,3 miliar. Sedang Sholihin menjadi yang paling 'kere' dengan mengantongi harta sebesar Rp 72,1 juta.

Calon bupati lainnya yakni Toto Sucartono melaporkan harta kekayaan sebesar Rp 12,1 miliar. Sedangkan Daniel Muttaqien Syafiuddin mempunyai total kekayaan senilai Rp 9,4 miliar.

Dalam LHKPN dijelaskan harta kekayaan Nina Agustina terdiri dari aset berupa tanah dan bangunan total 16 objek senilai Rp 27,7 miliar, harta bergerak lainnya Rp 6,9 miliar, surat berharga Rp 3,3 miliar serta kas dan setara kas sebesar Rp 39,1 juta.

Adapun hutang putri mantan Kapolri Dai Bachtiar ini sebesar Rp 6,7 miliar. Laporan disampaikan Nina pada 27 Agustus 2020 dan dinyatakan lengkap pada 24 September 2020.

Sholihin yang tercatat sebagai calon paling 'miskin' hanya memiliki alat transportasi senilai Rp 230 juta, kas dan setara kas Rp 32 juta serta hutang sebesar Rp 190 juta. Laporan diumumkan dengan catatan lengkap pada 20 Mei 2019.

Sementara itu, harta kekayaan cabup dari jalur perseorangan Toto Sucartono terdiri dari tanah dan bangunan sebanyak 12 objek dengan nilai Rp 6,1 miliar, alat transportasi berupa sepeda motor dan mobil sebesar Rp 543 juta, harta bergerak lain senilai Rp 820 juta, surat berharga Rp 20 juta serta kas dan setara kas Rp 4,6 miliar.

Berbeda dengan cabup lainnya, Toto yang berpasangan dengan Deis Handika ini tidak tercatat memiliki utang. Laporan harta kekayaan Toto diumumkan dengan catatan lengkap pada 2 September 2020.

Terakhir, Cabup Daniel Muttaqien Syafiuddin tercatat memiliki aset tanah dan bangunan sebesar Rp 15,5 miliar, alat transportasi senilai Rp 1 miliar dan harta bergerak lainnya sebesar Rp 227 juta serta kas dan setara kas senilai Rp 145 juta.

Daniel juga tercatat memiliki utang sebesar Rp 7,5 miliar. Laporan harta anak mantan Bupati almarhum Irianto MS Syafiuddin ini diumumkan dengan catatan lengkap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 4 September 2020.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indramayu, Ahmad Toni Fatoni mengungkapkan, seluruh berkas laporan harta kekayaan tersebut telah diserahkan masing-masing calon pada tahap pendaftaran. 

"Semua calon telah menyerahkan berkas laporan harta kekayaan dan sudah kami terima bukti tanda terima dari KPK," ujar Toni kepada wartawan.


Redaktur: Ihsan Mahfudz
Penulis: Ihsan Mahfudz
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive