Paslon Independen Toska Dipastikan Lolos

Paslon Independen Toska Dipastikan Lolos
INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Tim Liaison Officer (LO) Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Indramayu Perseorangan, Toto Sucartono -Deis Handika (Toska) memastikan jika pelaksanaan Verifikasi Faktual (Verfak) bukti dukungan masyarakat yang digelar sejak 27 Juni 2020 kemarin berjalan diluar ekspetasi, pasalnya dari jumlah dukungan perseorangan yang diserahkan kepada KPU Indramayu sebanyak 120,4 ribu hingga kini sudah dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) sebanyak 87.997 atau 100,4 persen.
 
Kordinator LO Paslon Toska Kabupaten Indramayu, Rakhmat Heryanto, mengatakan, pelaksanaan Verfak yang dilaksanakan KPU Indramayu sejak 27 Juni 2020 kemarin, diluar prediksi yang dibayangkan sebelumnya. Keyakinan yang dimiliki oleh Tim LO Kabupaten, setelah masuk pada tanggal 5 Juli 2020, dimana hasil Verfak mengalami peningkatan yang signifikan mampu melewati batas ambang ketentuan persyaratan sebanyak 87.959 bukti dukungan masyarakat terhadap Cabup dan Cawabup Paslon Toto Sucartono -Deis Handika (Toska).
 
 
"Terima kasih pada seluruh rakyat  Indramayu yang setia mendukung walaupun  KTP dan surat dukungan diberikan 6 bulan yang lalu, namun konsistensi yang tulus ikhlas tetap terjaga demi Indramayu lebih baik sehingga dukungan memenuhi syarat(MS) sesuai harapan," kata Rakhmat dalam keterangan tertulis yang diterima Fokuspantura.com, Minggu(5/7/2020).
 
 
Ia mengaku optimis jika dukungan masyarakat dari hasil Verfak hingga 12 Juli 2020 mendatang melebihi dari persyaratan yang ditetapkan oleh ketentuan sebanyak 87.959 orang. Bahkan dari total jumlah dukungan yang bakal diverifikasi sebanyak 120.452 , diprediksi tidak memenuhi syarat (TMS) akibat menarik dukungan dan atau meninggal  dunia sekitar  15 persen, sehingga target dukungan yang MS adalah lebih kurang 100 ribuan.
 
"Analisa itu sangat mendekati sebuah kebenaran jika dukungan untuk Paslon Toska sebagai sarat mutlak bakal ditetapkan KPU Indramayu sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Indramayu Perseorangan bisa terwujud," terangnya.
 
Bukti dukungan untuk Paslon Toska yang tersebar sekitar 95 persen di tiap - tiap desa telah terhimpun kekuatan dan dukungan dari semua kalangan kecuali mereka yang dilarang memberikan dukungan seperti ASN, Perangkat Desa, TNI dan Polri, walaupun ada beberapa yang memberikan dukungan tetapi secara otomatis akan di coret saat proses vermin.
 
"Kami akan terus mengawal proses selanjutnya yakni Pleno di PPS, PPK dan keputusan KPU Indramayu pada tanggal 20 Juli 2020 mendatang sebagai waktu penentu  ditetapkan Paslon Toska sebagai Cabup dan Cawabup Independen," imbuhnya.
 
Sementara itu, Komisioner KPU Indramayu, Fahmi Labib, mengatakan, proses Verifikasi Faktual ( VerFak )syarat dukungan Bapaslon Perseorangan yang tertuang dalam (Form Model B.1.1-KWK Perseorangan) masih sedang berjalan di tingkat PPS dari tanggal 27 Juni sampai dengan 10 Juli 2020 nanti atau  selama 14 hari. 
 
"Rekap di tingkat Kecamayan, Insyaallah akan dilaksanakan pada 13 Juli dan Rekap tingkat Kabupaten pada 20-21 Juli 2020 mendatang," katanya saat dikonfirmasi.
 
Menurutnya,  setelah tanggal tersebut pihaknya baru dapat mengetahui hasil akhir dari proses Verfak yang sudah dilaksanakan selama 14 hari itu. Lolos tidaknya, memenuhi syarat minimal dukungan atau tidak  yaitu 87.959 pendukung atau  6,5 persen dari DPT Pemilihan sebelumnya, 1.353.210 yang harus tersebar di minimal 50 persen +1 kecamatan  yang ada di Kabupaten  Indramayu. 
 
 
"Untuk 18 PPK yang sudah 100 persen agar tetap kordinasi tindak lanjut dengan pihak LO , termasuk bagi PPK yang belum memenuhi target agar bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya hingga 10 Juli 2020 mendatang," tuturnya.

Redaktur: Ihsan Mahfudz
Penulis: Ihsan Mahfudz
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive