Massa Pendukung Cabup Toska Ngamuk di KPU Indramayu

Massa Pendukung Cabup Toska Ngamuk di KPU Indramayu

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Sejumlah fasilitas KPU Indramayu dirusak oleh para pendukung Bacabup Perseorangan Toto Sucartono - Deis Handika (Toska). Puluhan pendukung Bacabup tersebut marah dan merusak sejumlah fasilitas karena agenda verifikasi faktual (Verfak) yang sudah dijadwalkan batal dilaksanakan, Rabu (24/6/2020).

Informasi yang diperoleh, KPU Indramayu sebelum dalam rilis yang dibuat beberapa media akan melakukan ferivikasi faktuan untuk dukungan Bacabup Perseorangan Toska dijadwalkan, Rabu(24/6/2020), sehingga Tim Toska mempersiapkan semua SDM dan pembiayaan ditingkat desa yang akan dilakukan kunjungan KPU, termasuk warga yang mendukung Toto Sucartono – Deis Handika sejak pagi hari menunggu kedatangan tim verifikator. Namun mendadak, KPU membatalkan agenda tersebut dengan alasan karena PPS belum dilakukan rapid tes sesuai edaran KPU RI. Batalnya agenda Verfak tersebut belum bisa menyakinkan tim Liaison Officer (LO) Toska yang kemudian meminta klarifikasi kepada pihak KPU pada pukul 14.00 wib, lamanya jawaban kepastian pelaksanaan Verfak membuat massa bergerak satu persatu ke Sekretariat KPU Jalan Soekarno Hatta, guna meminta kepastian jawaban kordinator Tim LO Verfak yang sedang menanyakan batalnya kegiatan tersebut. Akibat tak puas dengan jawaban massa tak dapat dikendalikan dan selanjutnya melampiaskan kekesalan dengan merusak beberapa fasilitas ruang tamu Komisioner KPU Indramayu.

“Saya juga terkena imbas dari amukan massa itu,” kata Salah Satu Pendukung Toska, Rakhmat Haryanto saat dikonfirmasi.

Ia mengaku, saat ini sedang mendampingi tiga orang yang sedang dilakukan pemeriksaan di Mapolres Indramayu atas peristiwa tersebut.

Senada, Pendukung Toska, Juni Harto mengungkapkan, sekelas lembaga negara tingkat nasional melakukan tindakan blunder yang menyebabkan massa tidak terkendali. Kerugian bagi calon perseorangan yang sudah bekerja keras mengawal proses verifikasi faktual, tiba-tiba diundur.

“Sejak awal Kang Toto sudah meminta KPU RI agar melaksanakan protokol kesehatan kepada PPK dan PPS yang akan melakukan verfak dengan melaksanakan rapid test,” katanya dalam tulisan status FB.

Tetapi dalam rangkaian tahapan hal tersebut diabaikan.Justru pada saat verfak akan dimulai, tiba-tiba dibatalkan dengan alasan rapid test. Hal itu sangat merugikan Balon perseorangan karena tingkat kepercayaan masyarakat juga akan turun dengan ketidakpastian tersebut.

“Kerahasiaan data tidak ada yang menjamin dan 31.000 orang hari ini siap di verfak tetapi kecewa karena ditunda,” terangnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Indramayu, Ahmad Toni Fatoni membenarkan jika para pendukung Toska marah karena tahapan verifikasi faktual yang seharusnya dilaksanakan hari ini diundur.

Ia juga mengakui mundurnya tahapan verifikasi faktual ini sangat dadakan dan baru disampaikan tadi pagi sehingga membuat sejumlah pendukung marah.

"Terkait pengumuman dadakan memang tadi disampaikan dari KPU RI ke kita itu pagi sekitar jam 08.42 WIB," kata Fatoni kepada wartawan.

Adanya pembatalan itu, pihaknya pun langsung menginformasikan pengumuman tersebut ke jajaran Panitia Penyelengara Kecamatan (PPK).

"Sedangkan teman-teman PPK saat itu sedang melaksanakan rapat koordinasi hari ini terkait data akan diturunkan kepada Pantia Pemungutan Suara (PPS) tadi pagi," ujarnya.

Ia juga tak menyangka jika massa akan mengamuk hingga merusak sejumlah fasilitas seperti kaca, kursi, meja, dan lain sebagainya.

Ia menegaskan, alasan diundurnya verifikasi faktual tersebut diketahui untuk menjaga keselamatan bersama agar tidak terjadi penularan virus corona.

Sebelum melanjutkan tahapan, seluruh panitia harus menjalani rapid test terlebih dahulu sebagai syarat wajib.

"Tapi proses itu dipastikan harus dilakukan oleh teman-teman dalam kondisi sehat, yaitu harus melaksanakan rapid test terlebih dahulu sehingga kita tidak bisa melaksanakan verifikasi faktual hari ini," ujarnya.

 

 


Redaktur: Ihsan Mahfudz
Penulis: Ihsan Mahfudz
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive