Enam Pesan Ono Surono Warnai Hari Lahir Pancasila

Enam Pesan Ono Surono Warnai Hari Lahir Pancasila

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Ketua DPD PDI Perjuangan, Propinsi Jawa Barat, Ono Surono, menegaskan enam pesan kepada seluruh pengurus, kader dan simpatisan PDI Perjuangan pada momentum Hari Lahir Pancasila, 1 juni 2020 bersamaan dengan kondisi bangsa menghadapi Pandemi Covid-19.

“Hari ini kita kembali memperingati hari lahir Pancasila, 1 Juni di tengah pandemi. Tenaga medis masih berjibaku merawat mereka yang terkonfirmasi positif. Negara masih bekerja keras mencari formula untuk menghentikan penularan virus corona,” kata Ono dalam keterangan tertulis yang diterima Fokuspantura.com, Senin(1/6/2020). 

Tak kalah membanggakan, kata Ono, di belahan tempat di seluruh Republik ini,masih banyak warga yang tak lelah dan tak bosan berbagi rejeki untuk mereka yang terdampak penanganan Covid 19. Mendoakan satu sama lain supaya tetap sehat dan tetap berdaya. 

“Karena dengan cara itulah, masyarakat kita melaksanakan Pancasila, dengan hal-hal sederhana. Membagikan beras, nasi siap makan dan kebutuhan pokok lainnya sebagai kebutuhan dasar  hingga bantuan lain yang tak terhingga,” tuturnya.

Karena pada dasarnya, tambah Ono, ber-Pancasila itu membantu meringankan semua yang susah, menyatukan semua kekuatan supaya beban besar jadi terasa ringan. Ber-Pancasila, bukan bicara tentang langit, tapi tentang menjalani hari-hari dengan kegotong royongan, menghargai satu sama lain. 

Ber-Pancasila, juga tentang membantu negara dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan, membantu tetangga, teman dan saudara supaya tetap berdaya. Karena itu, saya selaku Ketua DPD PDI Perjuangan Jabar dan Anggota Komisi IV DPR RI menyerukan pada semua kader partai di Jabar dan warga seluruh tanah air. Pertama, tidak lelah ber-Pancasila, teruslah berbagi meringankan beban teman, saudara hingga tetangga kita yang terdampak supaya tetap berdaya, supaya kebutuhan dasarnya terpenuhi. 

“Kedua, jangan biarkan ada tetangga, teman dan saudara yang kelaparan setelah kehilangan pekerjaan‎,” pesan Ono.

Ketiga, jangan biarkan teman kita, saudara kita tidur beratapkan langit dan beralaskan tanah. Tampung mereka yang tunawisma ke rumah-rumah singgah milik pemerintah dan swasta dengan tetap menjalankan protokol kesehatan. 

‎Keempat, Kepada kader partai di parlemen dan pemerintahan, untuk terus membantu warganya mendapatkan kebutuhan dasar.

Kelima, menyerukan para kader banteng di Jabar agar membagikan kisah-kisah inspiratif tentang perjuangan warga bertahan di tengah pandemi. Supaya kisah-kisah inspiratif itu memperkuat harapan kita bahwa pandemi ini segala berakhir.

Kelima, Ono juga menyerukan agar segenap warga Jabar yang selalu berprinsip silih asah, silih asih, dan silih asuh untuk terus bergotong royong.

“Karena dengan cara-cara itulah kita ber-Pancasila. ‎Karena dengan ber-Pancasila dalam kehidupan sehari-hari itulah, kita bisa kuat. Kami yakin, pandemi ini segera berakhir,” pungkas Anggota Komisi IV DPR RI ini.


Redaktur: Ihsan Mahfudz
Penulis: Ihsan Mahfudz
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive