Delapan PAC PDIP Indramayu Batal Dilantik

Delapan PAC PDIP Indramayu Batal Dilantik

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Pelaksanaan Musyawarah Anak Cabang (Musancab) PDI Perjuangan serentak di Kabupaten Indramayu telah berahir, namun hasilnya 8 PAC batal dilantik oleh Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat. Hal itu disebabkan karena pelaksanaan Musancab 5 PAC  tidak qourum dan 3 PAC Ketua Tim Formatur Musancab tidak hadir.

Ketua DPC PDI Perjuangan, Sirojudin, mengatakan, pelaksanaan Musancab ke lima PAC yang tidak memenuhi qourum itu diantaranya di Dapil 1 Indramayu, Kecamatan Cantigi, Dapil 5 di Kecamatan Bongas, Kroya dan Kandanghaur serta Dapil 6 di Kecamatan Gantar.

Menurutnya, pembatalan pengesahan hasil Musancab di lima PAC karena tidak qourum itu disebabkan akibat kehadiran dari pengurus ranting dan PAC yang tidak sesuai ketentuan AD/ART partai, dimana peserta Musancab harus dihadiri oleh 2/3 pengurus ranting.

"Contohnya Musancab PAC Balongan, ada sepuluh ranting, maka 2/3 nya minimal 7 ranting harus hadir, selanjutnya dalam satu ranting KSB harus hadir 2/3 juga, nah kondisi di lima PAC tersebut belum terpenuhi, makanya kami pending," katanya saat ditemui di Sekretariat DPC PDI Perjuangan Kabupaten Indramayu, Rabu,(18/3/2020).

Untuk menyelesaikan masalah Musancab yang tidak qourum, pihaknya akan mengagendakan pelaksanaan Musancab ulang setelah tanggal 23 Maret 2020 mendatang. Sementara untuk 3 PAC yang dipending pengesahannya adalah Dapil 6 PAC Patrol dan Dapil 3 PAC Kertasemaya dengan PAC Bangodua.

"Tiga PAC itu dibatalkan, karena nama - nama KSB dan Ketua Tim Formatur tidak bisa hadir dalam acara Musancab kemarin,"terang Wakil Ketua DPRD Indramayu ini.

Ia menegaskan, komposisi PAC yang sudah menggelar Musancab, sebelumnya para kandidat sudah mengikuti Fit ang Propertes yang diikuti oleh sekitar 255 calon KSB PAC se Kabupaten Indramayu, dengan rincian tahap pertama diikuti oleh 125 peserta, tahap 2 diikuti oleh 28 peserta dan tahap 3 diikuti oleh 21 peserta calon KSB.

"Jadi kami betul-betul sudah melakukan seleksi secara profesional untuk mencari calon pemimpin dan kader partai yang kompeten," kata politisi asal Kecamatan Balongan ini.

Baca juga : http://www.fokuspantura.com/politik/3407-tiga-dapil-sukses-gelar-musancab-pdi-perjuangan#.XnA1oQLaM5M.

Partai akan melakukan langkah serius dalam menentukan siapa kader yang bakal menduduki posisi KSB PAC partai. Karena dengan upaya selektif itu didukung dengan kompetensi yang sudah ditanyakan dalam lembar kesiapan sebagai pengurus akan melahirkan pemimpin yang fait dan siap menghadapi agenda politik kedepan.

"Namun untuk penentuan Musancab ulang keputusan final ada pada DPD PDI Perjuangan Propinsi Jabar, termasuk adanya dinamika penolakan kemarin, kami tidak bisa menanggapi," pungkasnya.

Senada, Sekretaris DPC PDI Perjuangan, Kabupaten Indramayu, Ali Sahali, mengatakan, sistem demokrasi terpimpin yang sedang dilakukan oleh PDI Perjuangan, akan melahirkan sosok pemimpin dan kader partai yang siap untuk bekerja kepada partai dalam melaksanakan agenda politik kedepan.

Dipendingnya beberapa kegiatan hasil Musancab, merupakan langkah tepat dalam menyelamatkan partai dimana komposisi kepengurusan partai tidak bisa ditempuh dengan cara - cara non prosuderal.

"Misalnya sudah tinggal di lantik saja walaupun orangnya tidak ada, atau disahkan saja sekalipun tidak memenuhi qourum, ini kami tidak seperti itu, " tuturnya.

Kedepan, kata Sahali, pelaksanaan Musancab ulang bagi 8 PAC akan dilaksanakan dengan banyak pertimbangan beberapa hal yang itu sudah menjadi catatan. Rapat pleno dan usulan DPC kepada DPD untuk diplenokan kembali keputusan final menjadi parameter pengesahan Musancab ulang nanti.

"Karena memang nanti dilaksanakan dengan mekanisme ulang lagi, diusulkan dari bawah terkait nama - nama KSB PAC yang saat ini kita pending," pungkasnya.


Redaktur: Ihsan Mahfudz
Penulis: Ihsan Mahfudz
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive