Bawaslu Indramayu Lantik 93 Panwascam

Bawaslu Indramayu Lantik 93 Panwascam

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Ketua Bawaslu Indramayu, Nurhadi, secara resmi melantik dan mengukuhkan sebanyak 93 anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Indramayu,di Aula Hotel Grand Trisula Indramayu, Senin (23/12/2019).

“Dengan ini saya melantik dan mengukuhkan Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Se- Kabupaten Indramayu,” tutur Nurhadi dalam acara seremonial tersebut.

Ia mengatakan, pelantikan 93 anggota Panwascam ini dapat dimaknai sebagai momentum yang selalu mengingat dan memegang teguh sumpah janji jabatan dan pakta integritas yang telah diucapkan serta berdasarkan ketentuan UU 10/2016.

“Para Panwascam yang dilantik harus dapat menjalankan tugas dengan baik sesuai aturan yang telah ditetapkan,” tuturnya.

Antusiasme masyarakat Indramayu terhadap pencalonan Panwascam sangat tinggi, hal itu dapat dilihat dari jumlah pendaftar berjumlah 559 orang. Dari jumlah tersebut, 501 dinyatakan lolos administrasi namun dari jumlah 501 setelah dilakukan berbagai tahapan seleksi sekitar 1,5 bulan seperti tes tulis atau Computer Assisted Test (CAT) dan tes wawancara akhirnya muncul 93 calon Panwascam.

"Meski yang dibutuhkan masing-masing kecamatan sebanyak 3 orang, tetapi antusiasme masyarakat sangat tinggi, bahkan ada pemohon di salah satu Kecamatan hingga 42 orang," katanya.

Menurutnya, para Panwascam memiliki tugas, pokok dan fungsi sebagai kepanjangtanganan Bawaslu untuk ikut mengawasi jalannya tahapan Pilkada Indramayu 2020 mendatang di wilayahnya masing-masing.

“Berbeda prosesi rekruitmen Panwascam dengan sebelumnya, kalau dulu diambil enam besar atau dua kali lipat dari Panwas Kecamatan yang dibutuhkan, sekarang 501 kami sudah melakukan wawancara langsung selama tujuh hari,” terangnya.

Setelah proses itu dilakukan, pihaknya juga meminta tanggapan masyarakat dan ditemukan 16 tanggapan dari masyarakat terkait status peserta yang lolos seleksi dan masuk dalam daftar tim sukses serta pengurus partai politik.

“Kami juga melakukan konfirmasi kepada yang bersangkutan dan pengurus partai yang bersangkutan, jadi kami pastikan Panwas Kecamatan yang baru dilantik adalah Panwas Kecamatan yang tidak terkait Parpol dan tim Kampanye, memiliki integritas dan komitmen yang kuat dari pertimbangan nilai CAT dan semangat komitmen kerja pada saat wawancara,” imbuhnya.

Ia juga mengingatkan kepada seluruh Panwascam untuk tidak menerima segala bentuk imbalan apapun saat menjalankan tugas sebagaimana dalam pakta integritas yang dibacakan termasuk selama selama proses rekrutmen tidak ada imbalan dan bentuk suap apapun, bahkan Panwascam yang kerjanya bagus seperti Gantar dan Sukagumiwang tiga tiganya dipertahankan.

"93 Panwascam yang dilantik, didominan wajah baru sebanyak 64 persen dan wajah lama 36 persen," pungkasnya.

Hadir pada acara tersebut, Asda 1 Setda Indramayu, Jajang Sudrajat, Ketua KPU Indramayu, Ahmad Toni Fatoni, Perwakilan Polres Indramayu, Pihak Kejaksaan Negeri Indramayu dan Ketua Partai Politik.


Redaktur: Ihsan Mahfudz
Penulis: Ihsan Mahfudz
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive