PolitikBawaslu Indramayu Ajak Media Tingkatkan Pengawasan Pilkada 2020

Bawaslu Indramayu Ajak Media Tingkatkan Pengawasan Pilkada 2020

KUNİNGAN, (Fokuspantura.com),- Pesta demokrasi lima tahunan Kabupaten İndramayu yang akan berlangsung pada 23 September 2020 mendatang, Bawaslu Kabupaten İndramayu mengajak semua komponen masyarakat termasuk pers, guna meningkatkan pengawasan.

Ketua Bawaslu Kabupaten İndrmayu, Nurhadi mengatakan, pemahaman masyarakat tentang aspek pengawasan yang perlu dilakukan semua pihak, agar disosialisasikan secara optimal  oleh Bawaslu melalui unsur Panwascam untuk disampaikan melalui instrumen perangkat desa, termasuk menggandeng pihak media baik elektronik, cetak maupun online.

“Masyarakat perlu mengetahui tentang aturan pemilu untuk itu media memiliki peran penting guna menginformasikan kepada publik sehingga ketentuan – ketentuan pemilu terkait pilkada bisa tersosialisasikan secara maksimal,” ujarnya pada acara Media Gathering Bawaslu di Talaga Surian Camp Park Kuningan, kemarin.

Ia mengatakan, aspek masalah yang dimungkinkan muncul pada penyelenggaraan Pilkada mendatang adalah masalah money politic (politik uang) yang dilakukan pihak calon guna menarik simpati warga sehingga bisa mendulang suara, untuk itu perlu dilakukan pengawasan yang maksimal bersama para pihak termasuk peran serta media masa.

“Peran media memiliki posisi penting dalam penyelenggaraan pemilu mulai dari sosialisasi hingga pengawasan pelaksanaan pemilu,” terangnya.

Sementarai Ketua Sekertariat Bawaslu Propinsi Jabar, Eliasa Barus, menegaskan, suara masyarakat menjadi penentu manju mundurnya suatu daerah, sebab melalui Pilkada itu sendiri, warga bisa menitipkan impian terhadap kemajuan daerahnya dengan cara memilih calon dengan visi misi yang sesuai harapan warga tersebut.

“Kita bisa titipkan impian kita pada calon pemimpin yang memiliki visi misi yang sesuai dengan harapan kita,” tandasnya.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Propinsi Jabar, Wasikin Marzuki, mengungkapkan, pada penyelenggaraan pemilu selama ini, Bawaslu memiliki predikat cukup baik dalam hal keterbukaan informasi publik sehingga wajar  jika ditahun ini, jika Bawaslu Kabupaten İndramayu meraih penghargaan KİP 2019 untuk katagori lembaga nonstruktural dengan predikat infotmatif.

“Saya berharap prestasi tersebut bisa tetap dipertahankan, dengan peningkatan kinerja yang lebih baik dari sebelumnya,” ujarnya.

Ia mengatakan, peningkatan kualitas kerja yang baik tidak akan dapat tercapai tanpa disertai dengan sinergitas antar semua personal yang ada pada lembaga itu sendiri, termasuk dengan pihak lain, salah satunya adalah membangun kemitraan dengan unsur jurnalis untuk mempermudah penyampaian informasi kepada masyarakat secara luas ataupun sebaliknya.

“Melalui kegiatan media gathering ini akan terbangun sinergitas antara Bawaslu Kabupaten İndramayu dengan media masa, baik cetak, elektronik maupun online,” pungkasnya.

ads

Baca Juga
Related

“Bangunan Sekolah Nyaris Ambruk” Siswa Sekolah Dasar Terpaksa Belajar di Teras Sekolah

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com), -Meski belajar dengan sarana dan prasarana yang terbatas,...

Pekerjaan Rehabilitasi Bendungan Cipancuh Tetap Berlanjut

INDRAMAYU, (Fokuspantura.com),- Proyek Rehabilitasi Bendungan Cipancuh tahap ll, di...

Pipa FRP Pertamina EP Bocor, Air Sungai di Desa Majakerta Hitam Pekat

BALONGAN,(Fokuspantura.com),- Warga di sekitar aliran Sungai, Desa Majakerta, Kecamatan...

Nico Antonio Berpeluang Terpilih Ketua DPC Demokrat Indramayu

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Anggota Fraksi Demokrat DPRD Kabupaten Indramayu, Nico Antonio resmi...
- Advertisement -

FokusUpdate

Popular

Mau copas berita, silahkan izin dulu
Mau copas berita, silahkan izin dulu