Terkait Rekom, Panlih Konsul ke DPP Partai Koalisi

Terkait Rekom, Panlih Konsul ke DPP Partai Koalisi

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Panitia Pemilihan (Panlih) DPRD Indramayu akan melakukan konsultasi kepada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai politik pengusung yakni DPP Partai Gerindra, Demokrat dan PKS yang telah mengusulkan Calon Wakil Bupati Indramayu sisa masa jabatan 2019 – 2021. Agenda konsultasi pada pokok kebenaran surat rekomendasi usulan DPP tersebut sebagai bentuk kehati – hatian Panlih dalam melaksanakan proses dan tahapan pemilihan Wakil Bupati Indramayu.

“Berkas kedua calon sudah kita terima, ada tahapan verifikasi, kita cek on the sport, ke perguruan tinggi, ke sekolah yang bersangkutan, jadi kita mencoba untuk sedetail mungkin, jangan sampai salah,”tuturnya usai rapat kerja Panlih, Minggu(3/8/2019).

Menurutnya Panlih bekerja siang malam untuk meluluskan bagaimana proses dan tahapan pemilihan Wakil Bupati Indramayu dapat dilaksanakan dengan baik. Kendati saat ini belum bisa dipastikan apakah pelaksanaan pemilihan dilakukan oleh 50 Anggota DPRD periode sekarang atau yang baru, mengingat jabatan anggota DPRD saat ini berahir pada 12 Agustus 2019 nanti.

“Perlu diketahui, Panlih kerja tentatif, harapan bisa terpilih anggota lama, sepanjang terpenuhi dari pada aturan, sebelum tanggal 12 kita laksanakan,” tuturnya.

Ia menegaskan, jika sampai dengan 12 Agustus 2019 nanti Panlih belum selesai melakukan verifikasi berkas, maka sangat dimungkinkan akan dipilih oleh anggota DPRD Indramayu yang baru.

“Dan Panlih sekarang secara otomatis bubar ganti dengan yang baru,”terang Politisi Golkar yang diusulkan sebagai Ketua DPRD Indramayu periode mendatang.

Senada, Wakil Ketua Panlih, Sirojudin mengatakan rekomendasi calon itu terdapat dua model, pertama terkait riwayat hidup dan rekomendasi khusus yang dikelurkan oleh DPP partai koalisi.

Menurutnya, daftar riwayat hidup ditanda tangni oleh pimpinan partai di daerah, sementara untuk rekomendasi calon harus dikeluarkan oleh DPP partai.

“Makanya nanti kita verifikasi, benar tidak surat yang dikirim DPP partai,”tuturnya.

Sementara itu, beredar rekomendasi DPP Partai Gerindra yang ditanda tangani Ketua Umum Prabowo Subianto sempat menjadi perbincangan para netizen atas dugaan kekeliruan penulisan, dimana dalam surat tersebut DPP Gerindra telah merekomendasikan Calon Wakil Bupati Indramayu Taufik Hidayat dan Agung Mandiano. Hingga ahirnya surat tersebut harus dikonsultasikan kepada pihak DPP Partai Gerindra yang sedianya akan dilaksanakan pada Selasa(6/8/2019) lusa.

Begitupun, surat yang dikeluarkan oleh DPC Partai Demokrat, terdapat ketidak samaan penomoran surat antara yang asli dengan berkas yang diterima Panlih, maka hal itu pula akan dikonsultasikan kepada pihak – pihak yang terkait, agar proses dan tahapan kerja Panlih benar – benar sesuai mekanisme dan aturan.


Redaktur: Ihsan Mahfudz
Penulis: Ihsan Mahfudz
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive