KPU Indramayu Rekap Hasil Pemilu di Hotel Wiwi Perkasa

KPU Indramayu Rekap Hasil Pemilu di Hotel Wiwi Perkasa

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indramayu akan membuka pusat rekapitulasi penghitungan cepat model salinan C.1 pada hari pelaksanaan Pemilu 17 April 2019 di Aula Hotel Wiwi Perkasa Indramayu nanti.

Komisioner KPU Indramayu Bidang Logistik, Pitra Hari mengatakan, proses hitung cepat dan rekap C.1 secara online akan dilaksanakan usai pemungutan suara selesai. Proses perekaman itu akan dipusatkan di Aula Hotel Wiwi Perkasa Indramayu.

“KPPS harus menyetorkan salinan C1 fisik untuk dilakukan perekaman scener di KPU Indramayu,”tuturnya kemarin.

Proses transfer dari jumlah TPS sebanyak 5.179 itu, dapat disetorkan ke pusat perhitungan cepat, jika sudah dilakukan perhitungan secara jelas di masing – masing TPS, selanjutnya hasil perhitungan suara dan seluruh logistik pemilu dikirim ke masing – masing PPS dan langsung di kirim ke masing – masing PPK.

“Pada saat proses pengiriman ke masing – masing PPS, data C.1 dari masing – masing KPPS sudah bisa dientri atau dikirim secara fisik,”katanya.

Disinggung, apakah proses pelaporan itu akan dikirim secara online lewat Whatsapp atau sisitem email, ia tidak menghendaki hal itu, mengingat yang dibutuhkan KPU nanti adalah bukti fisik salinan hasil penghitungan suara.

Ia menegaskan, untuk proses pemungutan suara akan berahir pada pukul 13.00 selanjutnya ditutup. Adapaun untuk pelaksnaan penghitungan suara akan dimulai dari kotak Presiden, selanjutnya kotak DPR RI, DPD dan DPRD Propinsi dan Kabupaten hingga sampai jam 24.00 wib.

Jika sampai waktu yang disediakan pukul 24.00 wib masih juga belum selesai proses penghitungan suara, maka berdasarkan putusan Mahkamah Agung proses penghitungan dapat ditambah 12 jam tanpa berhenti atau jeda.

“KPPS pelaksanaan pengitungan nanti tanpa jedah dan harus diselesaikan. Putusan MK ditambah 12 sejak jam 24.00 atau sampai jam 12 siang tanggal 18 April 2019 jika tidak cukup waktu,”imbuhnya.

Ia mengingatkan, jika proses pelaksanaan di tingkat TPS selesai, seluruh logistik pemilu terutama kotak suara yang sudah disegel kembali tidak boleh menginap baik di KPPS ataupun PPS tingkat Desa.

“Selesai dihitung semua kotak bergerak ke PPS dan terus ke PPK,”terangnya.

Ia berharap, seluruh proses dan tahapan pelaksanaan pemilu dpaat dilaksanakan denga baik oleh seluruh KPPS, PPS dan PPK seluruh Indramayu agar pelaksanaan pemilu berjalan dengan tertib dan aman.


Redaktur: Ihsan Mahfudz
Penulis: Ihsan Mahfudz
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive