Satgas Pangan Indramayu Temukan Harga Tiga Komoditas Naik

Satgas Pangan Indramayu Temukan Harga Tiga Komoditas Naik

INDRAMAYU, (Fokuspantura.com),- Tim Satgas Pangan Kabupaten Indramayu, Jawa Barat menemukan adanya kenaikan harga pada tiga komoditas, sepert bawang merah, telur ayam dan minyak curah. Hal itu terungkap saat Kapolres Indramayu Ajun Komisaris Besar Polisi Suhermanto menggelar sidak dan pengecekan harga sembako serta ketersediaan bahan pangan  menjelang pergantian tahun baru 2020, di Pasar Jatibarang, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu, Jumat (27/12/2019).

"Harga bawang merah di pasar tradisional di Kabupaten Indramayu mengalami kenaikan. Sedangkan harga kebutuhan pokok lainnya dinilai masih stabil," kata Kapolres Suhermanto usai melaksanakan sidak. .

Dari hasil sidak yang dilakukan bersama Tim Satgas Pangan menyebutkan, kenaikan harga pada bawang merah, telur ayam dan minyak curah masih dipandangnya wajar. Kendati demikian, dari hasil pantauan persediaan bahan pangan di pasar Jatibarang masih tercukupi dan harga juga tak ada kenaikan kecuali tiga komodititas tersebut diatas.

"Namun katagorinya masih standar, " ucap dia.

Menurutnya, kenaikan harga bawang merah itu disebabkan oleh pengaruh cuaca yang sudah masuk musim hujan. Namun dari pantauan tim dilapangan, tidak ditemukan penimbunan yang membuat harga komoditas bahan pokok menjadi naik.

Kegiatan pemantauan harga kebutuhan pokok bersama tim Satgas Pangan akan dilakukan sampai dengan tahun baru 2020 mendatang. Hal ini guna melihat apakah ada kenaikan ataupun persediaan masih ada atau tidak.

" Hari ini juga kita akan mengecek persediaan beras Bulog Indramayu, " terang Suhermanto.

Sementara itu, salah seorang pedagang sayur, Tasidi (45 tahun) mengatakan, harga bawang merah saat ini mencapai Rp 38 ribu per kg. Sebelumnya, harga bawang merah dikisaran Rp 28 ribu per kg. Kenaikan itu terjadi sejak tiga hari yang lalu.  " Selain bawang merah, harga sayuran lainnya masih stabil seperti cabe merah Rp 27 ribu per kg, cabe rawit Rp 15 ribu per kg, cabe hijau Rp 10 ribu per kg dan bawang putih Rp 23 ribu per kg, " ucapnya.

Sedangkan komoditas daging hingga kini harganya masih stabil. Namun untuk harga daging ayam tercatat Rp 35 ribu per kg, dan daging sapi Rp 115 ribu - Rp 120 ribu per kg. Kenaikan tidak hanya bawang merah, namun harga pada telur ayam kini mencapai Rp 25 ribu per kg. Begitu juga pada harga minyak goreng curah Rp 12 ribu per kg. Kedua komoditas itu mengalami kenaikan Rp 1.000 per kg.


Redaktur: Ihsan Mahfudz
Penulis: Ihsan Mahfudz
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive