ParekrafPertagas Inisiasi Penanaman Ribuan Mangrove di Pantai Rembat

Pertagas Inisiasi Penanaman Ribuan Mangrove di Pantai Rembat

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- PT. Pertamina Gas (Pertagas) Wastern Java Area Indramayu bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, melakukan kegiatan Pencegahan Abrasi Berbasis Penanaman Mangrove Intensif di Pantai Rembat Desa Juntinyuat Indramayu, Kamis (26/12/2019).

Aksi penanaman sekitar 5000 pohon mangrove itu dilakukan sebagai upaya mewujudkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan dan pencegahan terjadinya abrasi bibir pantai yang terus terjadi setiap saat.

Direksi Pertagas Wastern Java Area Saputra Ananda Lubis menjelaskan, pencegahan abrasi di Pantai Indramayu akan terus dilakukan. Pasalnya, sepanjang pesisir pantai terdapat aset Pertagas yang patut di selamatkan dari terjadinya abrasi.

“Jadi memang kegiatan penanaman mangrove ini bukan berhenti sampai disini saja, tetapi akan terus dilakukan karena memang sepanjang pantai ini terdapat Pertagas yakni, aset pipa gas yang memang harus di jaga dari dampak pengikisan bibir pantai atau abrasi dengan cara alami,” jelas dia.

Menurutnya, pencegahan abrasi hanya dengan adanya breakwater belum di pastikan aman, sehingga dengan kegiatan penanaman mangrove sebagai ganti secara alamiah agar pantai di Indramayu tetap terjaga dengan syarat masyarakat setempat harus andil merawatnya.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Indramayu, Aep Surahman mengatakan, Pemerintah Kabupaten Indramayu akan mengawal segala bentuk upaya pencegahan abrasi.

Melalui, sinergi dan peran serta masyarakat sangat dibutuhkan untuk berkontribusi melestarikan lingkungan yang pada akhirnya bisa menjadi potensi pariwisata.

“Semoga saja dengan kegiatan konservasi ini masyarakat dapat berkontribusi dengan merawat pohon mangrove secara intensif, dan apabila konservasi ini berhasil juga tentu dapat dijadikan obyek wisata yang bisa di kelola oleh masyarakat,” katanya.

Ia menambahkan, dampak konservasi penanaman pohon mangrove itu bukan hanya berdampak baik untuk kelestarian lingkungan dan ekosistem pantai, tetapi akan berpengaruh langsung terhadap baiknya perputaran ekonomi masyarakat.

“Konservasi ini selain lingkungan pantai tetap terjaga juga di lain sisi menimbulkan manfaat pertumbuhan ekonomi yang membaik di masyarakat,” tandasnya.

ads

Baca Juga
Related

Tabrak TB Pioner, 17 ABK Barokah Jaya Belum Ditemukan

INDRAMAYU, (Fokuspantura.com),- Kecelakaan laut KM Barokah Jaya dengan Kapal...

Wakil Rais Am PB NU Kampanyekan Hari Santri Nasional

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Wakil Ketua Rais Am PB NU, KH. Ahmad...

Gubuk Petasan Meledak di Indramayu, Tiga Rumah Rusak Berat

JATIBARANG,(Fokuspantura.com),-  Warga masyarakat Desa Lobener Lor, Blok Kebon Kopi,...

Bidan PTT Diharapkan Turut Menekan AKB

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),– Bupati Indramayu Anna Sophanah meminta kepada para bidan...
- Advertisement -

FokusUpdate

Popular

Mau copas berita, silahkan izin dulu
Mau copas berita, silahkan izin dulu