Berwisata ke Bali, Wajib Membeli 5 Oleh-oleh Ini

Berwisata ke Bali, Wajib Membeli 5 Oleh-oleh Ini

JAKARTA, FOKUSPANTURA.com - Pulau Bali merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat populer di dunia. Jutaan wisatawan baik wisatawan domestik maupun internasional berbondong-bondong menuju Bali untuk menikmati keindahan pulau dewata. 

Dalam berwisata, tentu saja tak lepas dari oleh-oleh untuk orang tercinta. Banyak barang atau makanan yang bisa menjadi pilihan Anda sebagai oleh-oleh. Berikut KompasTravel rangkum beberapa rekomendasi oleh-oleh yang bisa Anda peroleh di Bali

1. Kacang Disco

Ada yang belum tahu kacang disco? Kacang disco merupakan kacang khas Bali yang sudah sejak lama menjadi makanan khas yang bisa dibawa wisatawan sebagai oleh-oleh. Kacang disco sendiri merupakan sebuah kacang tanah yang digoreng kering dengan balutan adonan tepung bumbu.

Kacang disco ini sangat renyah dan garing saat dimakan. Selain itu banyak juga varian rasa yang tersedia, mulai dari manis, pedas-manis, barbeque sampai rasa udang.

Untuk membelinya Anda tak perlu pusing mencarinya, karena kacang disco tersebar di hampir seluruh toko oleh-oleh di Bali.

2. Kopi Kintamani

Anda pecinta kopi? Atau punya teman yang menyukai kopi? Mungkin kopi Kintamani bisa Anda bawa sebagai oleh-oleh untuk teman atau keluarga Anda. Kopi Kintamani merupakan salah satu produk biji kopi yang berkualitas di Indonesia atau bahkan di dunia.

Banyak yang berpendapat kalau kopi Kintamani mempunyai rasa yang unik dengan sedikit aroma jeruk. Hal ini karena pohon kopi di Kintamani menggunakan sistem tumpang sari sehingga terkadang pohon kopi tumbuh bersama tanaman lainnya seperti jeruk, kakao dan lainnya.

3. Batik Bali

Batik tak hanya identik dengan Pekalongan, Solo, ataupun Yogyakarta, batik Bali pun tak kalah cantik dan eksotis. Dengan ciri khas perpaduan motif tradisional dan motif modern membuat batik Bali kerap diburu oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.

Beberapa motif batik Bali yang bisa Anda bawa sebagai oleh-oleh di antaranya adalah motif buketan, merak abyorhokokai, singa barong, ulamsari mas, jagatan pisang, dan lain sebagainya.

Toko batik di Bali juga tersebar di seluruh penjuru pulau, namun yang terkenal terletak di Kabupaten Gianyar dan Denpasar.

4. Pia Legong

Anda sudah bosan dengan selalu membawa pie susu sebagai oleh-oleh sehabis berkunjung ke Bali? Maka pia legong bisa menjadi alternatif oleh-oleh Anda. Pia legong merupakan makanan ringan khas Bali yang konon semua prosesnya dibuat tanpa bantuan mesin.

Terdapat tiga varian rasa terkenal dari pia legong, di antaranya adalah keju, cokelat, dan kacang hijau. Bagi Anda yang ingin berburu pia legong, bisa berkunjung ke toko Pia Legong yang terletak di Jalan By Pass Ngurah Rai, Ruko Kuta Megah 15, Kuta, Bali.

Harga pia legong mulai dari Rp 90.000 untuk satu dus dengan isi 8 buah.

5. Salak Bali

Salak (Salacca zalacca) dapat diolah menjadi minuman beralkohol jenis wine. Salak bali dari Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem, Bali mempunyai rasa manis, asam dan sepat.(KOMPAS/COKORDA YUDISTIRA)

Selain jeruk bali, ternyata Bali juga mempunyai buah khas lainnya, yakni salak bali. Salak bali bisa menjadi salah satu oleh-oleh yang wajib Anda bawa. Terdapat dua jenis salak bali, yaitu salak biasa dan salak gula pasir.

Salak biasa identik dengan rasa asam kecutnya dan daging yang tebal, sedangkan salak gula pasir sesuai namanya, rasanya manis dan memiliki daging yang lebih tipis dari salak biasa.

Anda bisa memburu salak bali di Pasar Sindhu, Sanur, Denpasar. Bila tak sempat berburu ke pasar, tersedia juga banyak toko di Bandara Ngurah Rai dengan harga per bungkusnya mulai dari Rp 80.000. 


User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active