Fokus NewsNasionalPos Indonesia dan Peruri Luncurkan Prangko Bertema Musik

Pos Indonesia dan Peruri Luncurkan Prangko Bertema Musik

JAKARTA,(Fokuspantura.com),- Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) bekerja sama dengan PT Pos Indonesia (Persero) melakukan penandatanganan pencetakan prangko dan benda filateli lainnya tahun 2020, dengan nilai kerja sama mencapai Rp15 miliar.
 
Penandatanganan MoU kedua BUMN ini dilaksanakan di Ruang Pancasatya, Kantor Peruri Jakarta, Kamis(27/2/2020).
 
Direktur Pengembangan Usaha Peruri, Fajar Rizki, menjelaskan, untuk nilai kerja sama kedua BUMN tersebut sebesar Rp15 miliar untuk 13 seri prangko.
 
“Setiap tahunnya Peruri selalu berupaya untuk meningkatkan mutu dan pengamanan dari Prangko dan Benda Filateli yang meliputi bentuk, bahan baku, desain dan pencetakan,” ungkapnya.
 
Menurutnya, seri prangko pada 2020 ini bertema musik dan mungkin berisi musisi-musisi terkenal. Selain itu, pengembangan prangko pun tengah mencoba teknologi digital berupa augmented reality (AR) menyesuaikan dengan zaman.
 
Sementara itu, Direktur Jaringan dan Layanan Keuangan PT Pos Indonesia, Ihwan Sutardiyanta mengungkapkan, pencetakan prangko dan benda filateli yang selama ini dilakukan oleh Peruri melalui pesanan dari Pos Indonesia sudah termaktub dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika RI (Permen Kominfo RI) No. 21/ 2012 tentang Prangko yang menjelaskan bahwa pencetakan Prangko dilaksanakan oleh Percetakan Sekuriti.
 
Dalam hal ini Peruri merupakan salah satu BUMN yang didirikan berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No.6/2019 memiliki tugas untuk mencetak dokumen negara yang membutuhkan fitur sekuriti guna memenuhi kebutuhan sesuai permintaan instansi yang berwenang.
 
“Kolaborasi dengan Perum Peruri tentang prangko, dahulu besar karena dahulu penggunaan surat besar, keberadaan internet menulis jadi tak begitu tinggi, surat tergantikan ke email dan pesan singkat,” jelasnya.
 
Pos Indonesia pun berencana meningkatkan target market utama yang saat ini hanya filatelis dan membutuhkan target baru. Melalui perjanjian kerja sama ini, Peruri akan melanjutkan tugasnya untuk mencetak Prangko dan Benda Filateli.
ads

Baca Juga
Related

Kuwu Karangampel Kidul Diadukan Ratusan Warga

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),-  Ratusan warga Desa Karangampel Kidul, Kecamatan Karangampel, Kabupaten...

Gudang Timbunan Minyak Terbakar

INDRAMAYU - Sebuah bangunan bekas pabrik penggilingan padi (heller),...

48 Kepala Daerah Teken Komitmen Mal Pelayanan Publik

JAKARTA,(Fokuspantura.com),- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN...

Sosialisasi PMK 225/PMK.07/2017 Tentang Pengelolaan Transfer ke Daerah dan Dana Desa

Dana Desa dialokasikan sejak tahun 2015 berdasarkan amanat Undang-Undang...
- Advertisement -

FokusUpdate

Popular

Mau copas berita, silahkan izin dulu
Mau copas berita, silahkan izin dulu