Fokus NewsNasionalMendagri Segera Terbitkan SK Plt Bupati Indramayu

Mendagri Segera Terbitkan SK Plt Bupati Indramayu

JAKARTA,(Fokuspantura.com),- Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan akan segera menerbitkan SK Pelaksana Tugas (Plt) bagi kepala daerah yang baru saja terjaring operasi tangkap tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Kemendagri akan mengeluarkan Surat Keputusan Pengangkatan Pelaksana Tugas untuk mengganti mereka yang terciduk komisi antirasuah,”kata Tjahjo di jakarta, Rabu(16/10/2019).

Menurutnya, langkah cepat itu dilakukan  agar tidak terjadi kekosongan jabatan sehingga roda pemerintahan di wilayah yang kepala daerahnya tertangkap KPK tetap berjalan dengan baik dan maksimal.

“Yang ditahan kepala daerah, karena mencukupi bukti dari OTT KPK, ya kami keluarkan SK wakil kepala daerahnya,”tuturnya.

Ia meminta agar Pemerintah Provinsi yang kedapatan kepala daerah terkena OTT KPK  untuk aktif menunjuk siapa pengganti sementara kepala daerah tersebut. Misalnya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk kasus OTT Bupati Indramayu serta Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk kasus OTT Wali Kota Medan.

Adapun kepala daerah yang terjerat OTT KPK tidak akan bertugas dulu sampai dengan keluarnya keputusan yang bersifat tetap dari pengadilan. Tjahjo meyakini kalau KPK tidak mungkin melakukan OTT tanpa bukti yang cukup. Namun, ia berharap KPK tetap mengedepankan asas praduga tak bersalah sampai ada keputusan final melalui peradilan yang ada.

Sebelumnya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) secara resmi menetapkan Bupati Indramayu Supendi sebagai tersangka dalam kasus suap berkaitan dengan proyek di Dinas Perkerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Indramayu tahun 2019.

Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan, mengatakan Bupati Indramayu, Supendi diduga menerima suap untuk memuluskan pihak swasta mengerjakan proyek Dinas PUPR Indramayu.

“Sejalan dengan peningkatan status penanganan perkara ke penyidikan, KPK menetapkan 4 orang tersangka,” katanya dalam konferensi pers di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (15/10/2019).

Keempat orang tersangka tersebut antara lain bertindak sebagai penerima Bupati Indramayu, Supendi, Kepala Dinas PUPR Indramayu, OMS, Kepala Bidang Jalan PUPR Indramayu WT dan bertindak sebagai pemberi CRS (kontraktor).

Seperti diketahui, Supendi dilantik sebagai bupati Indramayu sisa masa jabatan 2016-2021, di Aula Barat, Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis, 7 Februari 2019 lalu. Hampir sembilan bulan sampai OTT berlangsung, Ia menggantikan Anna Sophanah, Bupati Indramayu sebelumnya yang mundur dengan alasan mengurus keluarga, pada November 2018.

Supendi awalnya adalah wakil bupati dari Anna. Pasangan Anna-Supendi (ANDI) ini diusung oleh partai koalisi, yaitu  Partai Gerindra, PKS, dan Partai Demokrat. Saat dilantik sebagai bupati, Supendi mendapatkan beberapa pesan dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Salah satunya soal peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM) di Indramayu, yang meliputi pendidikan, kesehatan, dan daya beli.

Pria kelahiran Indramayu, 14 Agustus 1958 itu juga diminta agar lebih memaksimalkan potensi pariwisata di wilayah yang dipimpinnya itu. Supendi juga tercatat aktif Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI). Ia bahkan pernah tercatat sebagai ketua ICMI Orda Indramayu periode 2009-2014. Supendi juga pernah tercatat sebagai Ketua DPK Korpri Indramayu Tahun 2009-2014. Supendi juga tercatat sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Indramayu sebelum mendampingi Anna sebagai wakil Bupati dan ia sekarang menjabat Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Indramayu. Saat ini Supendi menjabat Bupati Indramayu didampingi oleh Wakil Bupati Indramayu, Taufik Hidayat.

ads

Baca Juga
Related

Gema Takbir Akbar Warga Patrol Lor Semarak

PATROL, (Fokuspantura.com),- Usai melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan...

Tim Densus 88 Anti Teror Amankan Terduga Teroris di Indramayu

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Tim Densus 88 anti teror menangkap seorang terduga...

FSGI Terima Keluhan Pelaksanaan UNBK SMA

JAKARTA, (Fokuspantura.com),- Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) melalui jaringan...

Bupati Indramayu Nostalgia Bersama HIKAM di Pantai Ujung Ori

  INDRAMAYU, (Fokuspantura.com),- Mengenang masa Pilkada 2019 lalu, Bupati Indramayu...
- Advertisement -

FokusUpdate

Popular

Mau copas berita, silahkan izin dulu
Mau copas berita, silahkan izin dulu