Kejari Indramayu Tahan Mantan Kuwu Wanakaya

Kejari Indramayu Tahan Mantan Kuwu Wanakaya
INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),-  Kejaksaan Negeri (Kejari) Indramayu secara resmi menahan Mantan Kuwu Desa Wanakaya, Kecamatan Haurgeulis, Jenuri, Rabu (12/8/2020).
 
Mantan Kuwu Wanakaya ditahan karena diduga telah terbukti melakukan tindak pidana korupsi yang menimbulkan kerugian negara hingga mencapai Rp 168.373.000.
 
Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Kabupaten Indramayu, Iyus Zatnika mengatakan, kerugian tersebut sesuai dengan laporan hasil audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) perwakilan Provinsi Jawa Barat Nomor : SR-944/PW10/5/2019 tanggal 17 Desember 2019.
 
"Kita barusan lakukan penahanan Kades Wanakaya, sekarang sudah diserahkan ke lapas," ujar dia kepada wartawan, Rabu (12/8/2020).
 
Ia menjelaskan, kasus dugaan tindak pidana korupsi yang dilakukan Mantan Kuwu Wanakaya, Jenuri terkait pembebasan aset tanah Desa Wanakaya pada tahun 2004 lalu.
 
Pembebasan aset tersebut, kata Iyus, berupa tanah bengkok yang terletak di Desa Karangtumaritis, Kecamatan Haurgeulis kepada PT Pertamina DOH Jawa Bagian Barat dengan luas 12.432 m².
 
Adapun nilai kesepakatan dari kedua belah pihak pada saat itu sebesar Rp 422.688.000.
 
Pembebasan aset itu juga dibuktikan dengan adanya Surat Keputusan Kuwu Wanakaya Nomor : 02/KPTS/2011/2004 per tanggal 1 Juli 2004 tentang pengadaan tanah penganti aset desa.
 
"Tanah tersebut seharusnya digunakan untuk pengadaan tanah penganti berupa tanah sawah di Blok Sukamulya Desa Karangtumaritis seluas 12.250 m², milik tersangka Jenuri," terangnya.
 
Selain itu, peruntukannya juga untuk pengadaan tanah darat berupa lapangan sepakbola yang terletak di Blok 9 dan Blok 10 Desa Wanakaya seluas 7.994 m².
 
Namun setelah tersangka Jenuri menerima uang pelepasan aset desa dari Pertamina tersebut, ia tidak pernah melaksanakan pengadaan untuk tanah sawah yang dimaksud.
 
Ia juga tidak memasukan tanah tersebut dalam daftar aset desa.
 
"Tanah sawah tersebut nyata-nyata tidak pernah digunakan untuk kepentingan Desa Wanakaya," ujar dia.

Redaktur: Ihsan Mahfudz
Penulis: Ihsan Mahfudz

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active