Fokus NewsRegionalTingkatkan Kompetensi, 18 Wartawan Jateng Lolos UKW

Tingkatkan Kompetensi, 18 Wartawan Jateng Lolos UKW

KOTA TEGAL, (Fokuspantura.com),- Bagian Humas Dan Protokol Setda Kota Tegal bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Tegal dan Jawa Tengah telah sukses menghantarkan sedikitnya 18 wartawan yang bertugas di area kerja Kota Tegal dan sekitarnya mengikuti kegiatan Media Gathering dan Uji Kompetensi Wartawan (UKW), di Hotel Pesonna ,Jumat (10/8/2018) lalu. Kegiatan tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan professionalisme serta kompetensi wartawan di Kota Tegal.

Plt. Walikota Tegal Drs.HM Nursholeh M. M.Pd yang turut hadir sekaligus membuka kegiatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dilakukan guna menjaring para pewarta di Kota Tegal yang profesional dan kompeten. Dirinya berharap output yang dihasilkan dari kegiatan tersebut membawa dampak positif bagi peningkatan kompetensi wartawan, terutama bagi peningkatan standar pemberitaan.

“Saya yakin dari event ini akan terlahir wartawan yang teruji dan disiplin serta patuh Kode Etika dan UU Pers,”ucapnya.

Namun selain memberikan dukungan dan apresiasi, dalam kesempatan tersebut Nursholeh menyayangkan kepada wartawan yang belum mengikuti kegiatan tersebut.

“Sayang sekali dari 60 wartawan yang terdata hanya 21 orang yang memenuhi syarat adminstrasi. Adanya UKW harusnya diapresiasi karena ini untuk kepentingan wartawan,” imbuh Nursholeh.

Padahal menurutnya, dengan mengikuti kegiatan tersebut wartawan dapat memiliki sertifikat sekaligus memiliki kepastian hukum jika terjadi permasalahan dilapangan.

Senada Kepala Bagian Humas Dan Protokol Setda Kota Tegal Dra. Hendiati Bintang Takarini dalam sambutannya menuturkan bahwa tujuan adanya UKW adalah untuk meningkatkan kompetensi sekaligus profesionalitas wartawan. Selain itu, dengan mengikuti UKW wartawan akan memiliki sertifikat UKW.

“Adanya sertifikat akan membawa manfaat bagi wartawan maupun dari narasumber, karena narasumber semakin mantap ketika di wawacara wartawan yang kompeten,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua PWI Jateng Amir Machmud dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan UKW yang dilakukan di Kota Tegal merupakan kegiatan yang ketiga yang dilakukan pihaknya. Sebelumnya PWI Jawa Tengah telah melaksanakan di UNNES Semarang dan Pemerintah Pekalongan. Amir mengatakan bahwa penyelenggaraan UKW merupakan program primadona. Ini merupakan bagian kegiatan pendidikan yg dilakukan PWI.

Menurutnya, pendidikan bagi wartawan dilakukan karena PWI sadar pentingnya kompetensi dan profesionalisme wartawan.

“Bagaimana wartawan mampu hebat teknis namun matang secara emosional. Karena itu harapannya, narasumber sebagai mitra kerja wartawan akan menjadi tenang dan mantab ketika diwawancara wartawan sudah dinyatakan kompeten dengan mampu menunjukan kartu UKW.

Berdasarkan keputusan Tim Penguji, dari 21  wartawan dari  Magelang, Wonosobo, Slawi, Tegal, Brebes dan Semarang yang mengikuti UKW se Jawa Tengah, 18 wartawan  dinyatakan lolos uji kompetensi dan 3 wartawan dinyatakan tidak lolos. salah satu pewarta Dasuki Raswadi dinyatakan Kompeten dan lolos UKW sebagai wartawan Fokuspantura.com.

ads

Baca Juga
Related

Hari ini, KPU Indramayu Gelar Pleno Penetapan Kursi Dewan

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indramayu, menggelar sidang...

Lolos Verifikasi KPU, Demokrat Indramayu Siap Rebut Delapan Kursi

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten...

Komisi Hukum Dewan Pers Sayangkan Terdakwa Tak Ditahan

JAKARTA,(Fokuspantura.com),- Majelis Hakim Pengadilan Negeri Surabaya, Jawa Timur, menentukan...

Peringati HKN ke 59, Puskesmas Patrol Gelar Layanan Pemeriksaan Gratis 

INDRAMAYU, (Fokuspantura.com),- Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD ) Puskesamas...
- Advertisement -

FokusUpdate

Popular

Mau copas berita, silahkan izin dulu
Mau copas berita, silahkan izin dulu